Aktivis Lingkungan Diteror Perusahaan Tambang

Sumber : PME Indonesia.com

Edisi      : Jumat, 06 April 2012

PALU– Sejumlah aktivis Lingkungan dari Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Dondo (IPPMD) diduga mendapatkan serangan teror psykis melalui telepon selular dari fihak PT Citra Palu Mineral (CPM) anak perusahaan Bumi Resources Mineral (BRM). Selain tekanan melalui telepon selular, dilaporkan pula orang-orang lapangan perusahaan membangun opini negatif dan berbagai macam nada ancaman yang menyerang fihak keluarga para aktivis tersebut di kampung-Dondo.

“ Sejak tanggal 30 Maret 2012 hingga tanggal 3 April 2012, sejumlah aktivis IPPMD mendapatkan teror. Aksi semacam ini bukan yang pertama, serangan serupa diduga juga dilancarkan oleh perusahaan terhadap aktivis IPPMD pada tanggal 30 Desember 2012,” kata Ketua IPPMD, Rifay M Hadi saat menghubungi PME melalui e-mail, Kamis (05/04).

Rifay mengatakan, sebuah spanduk protes penolakan yang dipasang oleh IPPMD di Desa Anggasan dicuri/dihilangkan. Sementara itu, saat ini orang-orang lapangan perusahaan sedang membangun iming-iming terhadap warga dengan menjanjikan kesejahteraan apabilah perusahaan beroperasi.

Reaksi ini diduga merupakan buntut dari aksi demonstrasi penolakan rencana operasi tambang Molibdenum di Blok IV Kontrak Karya (KK)  PT CPM yang dilakukan oleh IPPMD dan sejumlah aktivis, organisasi mahasiswa, dan Ornop kota Palu yang tergabung  dalam Front Penyelamat Kedaulatan Rakyat (FPKR) pada tanggal 21 Maret 2012, dengan tuntutan utama: Tolak Rencana Pertambangan PT Citra Palu Mineral di Dondo Toli-Toli.

Sumber: http://pmeindonesia.com/berita-lingkungan/484-aktivis-lingkungan-diteror-perusahaan-tambang

Leave a Reply