Masyarakat Anggasan Tolak CPM

 Sumber: Mercusuar
PALU, MERCUSUAR-Masyarakat Desa Anggasan Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli, risau dengan masuknya PT Citra Palu Mineral (CPM) yang akan mengeksplorasi tambang emas disana.

Masyarakat risau dengan dampak kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi, jika CPM telah melakukan eksploitasi. Demikian pers release yang diterima redaksi dari Gerakan Masyarakat Anggasan, tadi malam (7/10).

“Sampai sekarang kami masyarakat Desa Anggasan tidak pernah diperlihatkan dokumen penelitian, Izin dan Amdal serta peta lokasi perusahaan yang akan masuk di Desa kami. Olehnya itu kami masyarakat Desa Anggasan tidak ingin pemerintah dan perusahaan CPM merusak lingkungan kami dan terus membohongi masyarakat dengan informasi palsu,” kata Moh Rifai M Hadi, Ketua Umum Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Dondo.

Dikatakan Rifai, masyarakat berhak dan wajib tahu proses penyusunan Amdal. Pemprakarsa kegiatan lanjutnya, wajib mengumumkan terlebih dulu kepada masyarakat sebelum pemrakarsa menyusun Amdal dalam jangka waktu 30 hari sejak diumumkan.

“Masyarakat berhak memberikan saran, pendapat dan tanggapan. Tapi sayangnya ketentuan diatas tidak pernah dilakukan sama sekali baik pihak manajemen CPM maupun dari pemerintah sendiri. Kami hanya tidak mau lingkungan kami dirusak, kami tidak mau sosial budaya kami berubah, ekonomi kami menurun drastis, seperti halnya daerah-daerah lain yang pernah atau yang sedang dalam penguasaan perusahaan tambang, baik swasta maupun negara,” paparnya. TMU/*

Sumber: http://www.harianmercusuar.com/?vwdtl=ya&pid=15631&kid=all

Leave a Reply