11 Tempat Wisata di Tolitoli yang Menarik Dikunjungi

tempat wisata pantai sabang tolitoli

Salah satu daerah di Sulawesi Tengah adalah Tolitoli. Hampir sama dengan daerah lain, tempat wisata di Tolitoli juga begitu banyak. Jika Anda mencari tempat wisata di Tolitoli, berikut beberapa rekomendasi dari saya, yang bisa dikunjungi.

Sebelum itu, saya ingin menyampaikan bahwa Kabupaten Tolitoli menurut situs Tolitoli.go.id, memiliki luas wilayah 4.079,77. Dihuni oleh kurang lebih 211.973 jiwa.

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut: Sebelah Utara; Laut Sulawesi, timur Kabupaten Buol, Selatan Kabupaten Parigi Moutong, dan Barat berbatasan dengan Kabupaten Donggala serta Selat Makassar.

Oke, kita kembali ke tempat wisata di Tolitoli yang menarik untuk dikunjungi. Simak ulasannya!

11 Tempat Wisata di Tolitoli yang Menarik Dikunjungi

  1. Tanjung Sanjangan.
  2. Pulau Salando.
  3. Pulau Lingayan.
  4. Pulau Kapas.
  5. Tanjung Matop.
  6. Pantai Sabang.
  7. Pantai Lalos.
  8. Pantai Bajugan.
  9. Ratu Ampat.
  10. Air Terjun Sigelang.
  11. Air Terjun Malangga.

Kesebelas tempat wisata di Tolitoli tersebut kita bahas satu persatu.

1. Tanjung Sanjangan

tanjung sanjangan
Wisata Udang Merah di Tanjung Sanjangan. Sumber gambar: primarrrentalmobilpalu.com

Tempat wisata di Tolitoli urutan pertama adalah Tanjung Sanjangan. Objek wisata ini tergolong baru dikenal masyarakat. Tapi, Anda tak akan menyesal jika berkunjung ke tempat ini.

Apa keunggulan dari objek wisata Tanjung Sanjangan? Salah satu keunggulannya adalah Anda dapat menyaksikan gerombolan udang merah yang hidup secara alamiah di sana. Memasukkan kaki—dikerubungi udang merah—adalah salah satu cara merefleksi tubuh bagian kaki. Ini yang dilakukan para pengunjung.

Di mana letak lokasi ini? Letaknya di Desa Salumbia, Kecamatan Dondo. Apabila Anda berada di Kota Tolitoli, hanya membutuhkan lebih kurang 1 jam ke tempat ini—dengan menggunakan kendaraan darat.

Selanjutnya sesampai di Desa Salumbia, Anda harus menyeberang dengan menggunakan perahu milik nelayan setempat. Perahu itu akan membawa Anda ke Sanjangan—yang hanya memakan waktu 40 menit.

2. Pulau Salando

pulau salando
Pulau Salando. Sumber gambar: travel.detik.com

Pulau Salando terletak di Desa Kapas, Kecamatan Dakopamean. Objek wisata yang berada di sisi utara Kota Tolitoli ini tak kalah menarik dari wisata lainnya. Anda akan terbawa suasana melankolis jika berada di tempat ini.

Bagaimana cara menuju ke lokasi ini? Untuk ke Pulau Salando, harus menggunakan kendaraan laut berupa perahu yang dapat disewa. Perahu tersebut membawa Anda dengan memakan waktu lebih kurang dua jam.

Apa keunggulan dari tempat wisata Pulau Salando? Salah satu keunggulan yang didapatkan adalah mata Anda terpesona karena melihat hamparan pasir putih nan halus. Di samping itu, Anda akan melihat aneka ragam biota laut seperti Lion fish muray, nudi branch, stingray, dan napoleon.

3. Pulau Lingayan

pulau lingayan
Pulau Lingayan. Foto: @adamyusuv

Nyaris tak ada warga Tolitoli yang tidak mengenal Pulau Lingayan ini. Anak-anak kecil pun tahu. Selain berbentuk pulau, ternyata tempat ini telah dijadikan salah satu objek wisata di Tolitoli.

Pulau Lingayan bisa juga disebut Pulau Lingian—salah satu pulau kecil terluar di Sulawesi Tengah.

Menurut data Direktorat Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil[1], Pulau ini memiliki luas kurang lebih 122,55 hektar.

Di mana letak Pulau Lingayan ini? Terletak di sebelah utara daratan utama Sulawesi dan di Sebelah Utara berbatasan dengan perairan wilayah Negara Malaysia. Sebelah timur dengan Desa Ogotua, Dampal Utara, sebelah selatan berbatasan dengan Perairan Pasie Siokan dan Teluk Dampal. Sebelah barat berbatasan dengan Laut Sulawesi. Secara Administratif Pulau Lingayan masuk ke Dusun III, Desa Ogotua, Kecamatan Dampal Utara, Tolitoli.

Bagaimana cara menuju ke tempat wisata Pulau Lingayan? Jika Anda berposisi di Kota Tolitoli, perjalanan melalui darat sekitar kurang lebih 1 setengah jam. Atau ketika Anda berada di Kota Palu, perjalanan darat ditempuh sekitar 6 hingga 7 jam. Anda star dari Desa Ogotua menuju Pulau Lingayan dengan perahu milik nelayan setempat, yang memakan waktu kira-kira setengah jam.

Apa keunggulan dari Pulau Lingayan? Adalah pantai berbatu, berpasir putih, dan pemandangan mangrove serta terumbu karang yang masih alami Anda jumpai di sana.

4. Pulau Kapas

pulau kapas
Salah satu spot foto di Pulau Kapas. Sumber gambar: Disty Lapangandong

Dalam artikel Objek Wisata di Sulawesi Tengah, saya sudah menuliskan bahwa salah satu tempat wisata di Sulteng adalah Pulau Kapas. Saya menuliskannya kembali, bahwa Pulau Kapas merupakan salah satu tempat wisata di Tolitoli. Di sini, Anda bisa melakukan diving dan snorkeling. Kelebihan lainnya pantai ini memiliki pasir yang putih dan bersih.

Letaknya di Desa Kapas, Kecamatan Dakopamean. Untuk sampai di tempat ini, bisa menggunakan perahu katinging dengan biaya Rp15.000 per orang. Dari dermaga Desa Kapas hanya membutuhkan waktu 10 menit ke objek wisata satu ini.

5. Tanjung Matop

tanjung matop tolitoli
Tanjung Matop. Sumber gambar: sultengexploreide.blogspot.com

Tanjung Matop ini salah satu Kawasan Suaka Margasatwa yang ada di Sulawesi Tengah. Berdasarkan data Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA)[2] Sulawesi Tengah,  kawasan ini ditetapkan melalui Surat Direktur Jenderal Kehutanan tanggal 27 April 1981 Nomor: 1671/DJ/I/1981. Surat Gubernur KDH Tk.I Sulawesi Tengah tanggal 26 Juli 1979 Nomor: 1750/EK.580/1979. Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 445/Kpts/Um/5/1981 tanggal 21 Mei 1981 tentang Penunjukan areal hutan pinjan/ tanjung matop seluas ± 1.612,5 Ha yang terletak di daerah Tk.II Buol Tolitoli, daerah Tk.I Sulawesi Tengah sebagai kawasan hutan dengan fungsi sebagai Suaka Margasatwa.

Apa saja keunggulan Tanjung Matop? Anda bisa melihat penangkaran burung Maleo. Selain itu ada juga jenis burung lain berupa burung elang laut, Nuri Sulawesi, Kum-kum, Rangkong, dan sesap madu.

Bagaimana cara bisa sampai di lokasi ini? Anda bisa menempuhnya dengan melalui kendaraan darat. Jika dari Kota Palu, jaraknya mencapai kurang lebih 400 Kilometer—dengan waktu tempuh kurang lebih 8-9 jam perjalanan. Sementara dari Kota Tolititoli hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan motor atau mobil. Semuanya akan bermuara di Desa Pinjan.

Kemudian dari Desa Pinjam menuju ke Tanjung Matop bisa ditempuh dengan dua cara: pertama, jalan kaki—menyusuri tepian pantai—memakan waktu sekitar 1 jam. Kedua, alat transortasi laut berupa perahu motor yang hanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit.  

Lokasi ini cocok untuk me-refresh penatnya otak dan otot Anda.

Loading...

6. Pantai Sabang

tempat wisata pantai sabang tolitoli
Salah satu spot foto di Pantai Sabang. Sumber gambar: Dinas Pariwisata Tolitoli

Salah satu tempat wisata di Sulawesi Tengah khususnya di Tolitoli yang menjadi primadona adalah Pantai Sabang.

Pantai Sabang yang eksotik itu terletak di Desa Sabang. Memiliki laut yang jernih dan bersih serta hamparan pasir putih yang memukau, tak heran lokasi ini digadang-gadang sebagai salah satu ikon wisata Tolitoli.

Untuk bisa ke lokasi ini, cukup menggunakan sepeda motor atau mobil. Jarak dari Kota Tolitoli kurang lebih 15 kilometer—atau ditempuh hanya dalam tidak lebih dari setengah jam.

Di Pantai Sabang ini, Anda juga bisa menikmati keindahan di dasar laut. Terumbu karang yang indah bisa dinikmati dengan cara snorkeling dan diving.

7. Pantai Lalos

objek wisata pantai lalos
Pantai Lalos. Sumber gambar: nationalgeographic.grid.id

Siapa yang tak kenal dengan keindahan Pantai Lalos? Tempat wisata satu ini juga populer di kalangan wisatawan lokal. Pantai Lalos tepatnya terletak di Kecamatan Galang.

Untuk ke lokasi ini, cukup menggunakan sepeda motor atau mobil dengan jarak tempuh tidak menghabiskan 30 menit.

Selain menikmati putihnya pasir pantai pun bersih, Anda juga bisa menikmati aneka makanan yang tersedia di sana. Beberapa warung milik warga tersedia.

Saya menyarankan, ke tempat ini pada sore hari di waktu cuaca cerah. Maka Anda akan disuguhkan senja yang memanjakan mata. Cahaya senja yang berpendar itu kemudian mengarah ke laut dan kembali memancarkan cahaya keindahan. Ini yang akan membuat Anda betah menghabiskan sampai mendekati Magrib.

Spot-spot foto pun begitu banyak yang Anda manfaatkan untuk berpose.

8. Pantai Bajugan

tempat wisata pantai bajugan
Tempat wisata Pantai Bajugan. Sumber gambar: travel.detik.com

Pantai memang menjadi tempat wisata favorit para wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Bajugan. Seperti Pantai Lalos, Pantai Bajugan juga memiliki pasir yang putih. Menariknya, pantai ini terdapat gugusan bebatuan yang cukup besar.

Terlebih lagi jika Anda ke sini pada sore hari. Hampir sama dengan Pantai Lalos yaitu dapat menikmati sunset yang indahnya bukan main.

Untuk ke lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

9. Ratu Ampat

tempat wisata ratu ampat dondo
Salah satu spot foto Ratu Ampat. Sumber gambar: Picpanzee.com

Tempat Wisata Ratu Ampat tergolong baru. Meskipun masih baru, tapi tidak sedikit para wisatawan lokal yang menghabiskan waktu weekend di tempat ini.

Jika Anda ke sini pada pagi hari menjelang ‘buta’, Anda akan disuguhkan indahnya sunrise. Pada sore hari, berjumpa dengan sunset. Sehingga hari-hari Anda berada di sini menjadi tercerahkan, dan otak penat menjadi kabur seketika.

Ratu Ampat, berada di Desa Malala, Kecamatan Dondo. Jika dari Kota Tolitoli, bisa menempuh menggunakan sepeda motor atau mobil. Memakan waktu sampai satu jam. Setibanya di Malala, dari Pelabuhan Malala menyeberang menggunakan perahu milik warga yang menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja. Untuk biaya sewa perahu, tidak sampai merobek kantong Anda.

10. Air Terjun Sigelang

air terjun sigelang
Air Terjun Sigelang. Sumber gambar: Festivaljalanjalan.com

Selain pulau dan pantai, Tolitoli juga memiliki tempat wisata berupa air terjun. Salah satu di antaranya adalah Air Terjun Sigelang.

Air terjun yang berlokasi di Kecamatan Lampasio ini hanya membutuhkan sekitar setengah jam dari Pusat Kota Tolitoli. Memiliki udara yang bersih dan segar menjadikan pikiran penat menjadi fresh. Itulah salah satu alasan mengapa Anda harus mengunjungi salah satu tempat wisata di Tolitoli ini.

11. Air Terjun Malangga

air terjun malangga
Air terjun Malangga. Sumber gambar: Pariwisatatolitoli

Wisata air terjun lainnya adalah Air Terjun Malangga. Dinamakan demikian karena letaknya berada di dusun Malangga, Desa Tinigi.

Tempat ini menjadi salah satu favorit wisata lokal menghabiskan masa liburnya. Dengan memiliki ketinggian lebih kurang lima meter dan dikelilingi hutan, menjadikan objek wisata ini sangat menjanjikan.

Untuk ke lokasi ini, menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Tolitoli.

Penutup

Ada tiga pariwisata potensial di Kabupaten Tolitoli yaitu Pulau, Pantai, dan Air Terjun. Tempat wisata itu merupakan alamiah—yang kemudian dikelola pemerintah yang bekerjasama dengan warga setempat. Tempat wisata di Tolitoli yang potensial tersebut kemudian saya rangkum antara lain:  Tanjung Sanjangan, Pulau Salando, Pulau Lingayan, Tanjung Matop, Pantai Sabang, Pantai Lalos, Pantai Bajugan, Ratu Ampat, Air Terjun Sigelang, dan Air Terjun Malangga.

Demikian. Semoga bermanfaat.


[1]Lihat data selengkpanya pada Direktorat Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan, melalui http://www.ppk-kp3k.kkp.go.id/direktori-pulau/index.php/public_c/pulau_info/299 (diakses tanggal 16 November 2021).

[2] Lihat selengkapnya di http://www.ksdasulteng.com/in/suaka-marga-satwa-pinjan-tanjung-matop (diakses tanggal 16 November 2021).

Loading...

Tinggalkan Balasan