Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Minum Kopi

beberapa-alasan-mengapa-anda-harus-mengonsumsi-kopi
#ngopi. dokumentasi pribadi

Alasan mengapa harus minum kopi bagian kebanyakan orang cukup beragam. Salah satu alasan yang paling populer adalah untuk mencegah kantuk. Kebutuhan primer juga masuk sebagai alasan mengapa orang minum kopi. Artinya, dengan tidak mengonsumsi kopi setiap harinya, dia merasa hidupnya tidak bergairah.

Alasan sebagai kebutuhan primer di atas, berhubungan erat dengan stimulasi energi positif. Mengonsumsi kopi, bagi orang tersebut, dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Di Indonesia, kopi masuk dalam bagian tanaman komoditas petani. Maka tak heran di setiap daerah sering kita jumpai kopi. Bahkan kopi, masuk sebagai agenda perdagangan dunia hingga dahulu kala.

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kopi khas yang kini bahkan sudah mendunia. Misalnya ada Kopi Arabika Flores, Kopi Gayo Aceh, Kopi Toraja, Kopi Robusta Temanggung, Kopi Kintamani, Bali, dan masih banyak jenis kopi lainnya, yang mungkin sudah Anda rasakan kenikmatannya.

Banyak kalangan mencintai minuman yang memiliki ciri khas rasa pahit dan berwarna hitam ini. Tua, muda, pria, wanita, atau bahkan anak-anak banyak yang menyukai dan mengonsumsi kopi hampir setiap hari. Maka tak heran apabila minuman kopi ini menjadi minuman yang sangat populer untuk banyak kalangan—sepanjang masa.

Namun demikian, mengonsumsi kopi berlebihan akan berefek negatif bagi tubuh. Tapi saya, mengonsumsi kopi bisa sampai tiga gelas dalam waktu 24 jam. Saya biasanya minum kopi pagi hari, siang hari, dan malam hari. Atau bahkan kadang-kadang hanya segelas dalam sehari.   

Melalui tulisan ini, yang dilansir dari berbagai sumber—kopi memiliki banyak manfaat, sehingga dengan manfaat tersebut menjadi alasan mengapa hingga saat ini kita masih mengonsumsi kopi.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus minum kopi:

1. Karena Kopi Mengandung Banyak Antioksidan

Menurut beberapa penelitian, Kopi mengandung banyak Antioksidan. Antioksidan ini ternyata dapat memperlambat atau mencegah penyakit.

Selain itu, dapat mencegah sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh kerusakan oksidatif. Sehingga dengan banyak antioksidan di dalam kopi, dan kita sering mengonsumsinya, artinya tubuh kita dapat dicegah dari penyakit-penyakit tersebut.

2. Ternyata dengan Mengonsumsi Kopi dapat Mengurangi Risiko Stroke

Begitu banyak peneliti yang melakukan penelitian mengenai kopi. Termasuk penelitian mengenai apa saja kandungan yang ada di dalam kopi beserta manfaatnya. Verywell health misalnya, telah melakukan penelitian yang, salah satu kesimpulan dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa kopi mengurangi atau menurunkan risiko stroke.

Penelitian Verywell health mengungkapkan, dengan mengonsumsi kopi antara dua hingga empat gelas dalam sehari, disimpulkan dapat menurunkan risiko stroke.

Penelitian tersebut mengemukakan dasarnya, berupa kemungkinan kombinasi efek yang bervariasi dalam tubuh. Tafsirannya adalah, karena kopi mengubah fisiologi pembuluh darah dan aliran darah dengan cara yang dapat membantu mencegah hipertensi.

Itu artinya, apa yang saya lakukan selama ini—dengan mengonsumsi kopi rata-rata 3 gelas dalam sehari, menjadikan saya minim diserang stroke. Semoga penelitian itu benar.

Baca juga: Pras dan Racikan Kopinya

3. Selain Mengurangi Risiko Stroke, Mengonsumsi Kopi Juga dapat Mencegah Kanker

Awalnya, dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kopi rawan terkena kanker. Namun kemudian, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) atau WHO menganulir keputusan tersebut, yang pada pokoknya menyatakan ‘kopi tidak menjadi penyebab kanker.

WHO menyatakan bahwa dengan mengonsumsi satu hingga dua gelas kopi dalam sehari, tidak mengakibatkan kanker. WHO berkeyakinan dan berketetapan minum kopi dengan jumlah nominal gelas di atas, mampu menurunkan risiko terjadinya kanker.    

Mengutip klikdokter.com, yang mengutip studi pada 2017,  menemukan hubungan antara konsumsi 1 cangkir kopi sehari dengan menurunnya risiko kanker hati dan kanker dinding rahim (endometrium).

4. Mengonsumsi Kopi Mampu Meningkatkan Fungsi Kognitif

Menurut beberapa pendapat, kita, sebagai manusia, semakin bertambah usia semakin berkurang pula fungsi kognitif.

Apa itu fungsi kognitif? Menurut Anisa Wahyuni, Dkk, dalam Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, fungsi kognitif merupakan fungsi kompleks pada otak manusia yang melibatkan aspek memori, baik jangka pendek atau jangka panjang, perhatian, perencanaan, dan nalar serta strategi dalam berpikir dari seseorang. Fungsi kognitif juga melibatkan aspek kognitif pada seseorang seperti bahasa dan perbendaharaan kata.  

Dengan mengonsumsi kopi, diyakini, berdasarkan penelitian tentu saja, dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif. Karena kandungan yang ada dalam kopi terdapat kafein.

5. Bukan Hanya Meningkatkan Fungsi Kognitif, Kopi dapat Mengobati Liver

Coffee and Health melaporkan, bahwa dengan mengonsumsi tiga hingga lima gelas kopi dalam sehari, bisa mengurangi risiko kerusakan hati. Selanjutnya dalam laporan tersebut, karena kandungan yang ada di dalam kopi bisa menurunkan risiko penyakit liver sampai menyentuh angka 70%.

Pada penelitian lain mengenai kopi mengungkapkan, kopi dapat menurunkan risiko penyakit liver—adalah hasil laporan yang diterbitkan Cleveland Clinic. Laporan tersebut menyebutkan bahwa kopi sangat bermanfaat bagi kesehatan hati, karena kopi dapat membantu menyembuhkan penyakit hati berlemak non-alkohol.

Adanya manfaat tersebut, yuk konsumsi kopi dengan tidak berlebihan.

6. Kopi dapat Meningkatkan Kerja Fisik

Sebuah penelitian dari Universitas Luton, khususnya bagian ilmu biomedis mengungkapkan, bahwa kandungan kafein dalam kopi bisa merangsang sistim saraf.

Penelitian tersebut juga menyatakan kandungan kafein dapat memberi sinyal pada sel-sel lemak guna memecah lemak tubuh. Sehingga berkesimpulan, hal tersebut meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh manusia. Dan dengan demikian, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11% hingga 12%.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda atau kita mesti mengonsumsi kopi setiap harinya dengan tidak berlebihan tentu saja.

Mengonsumsi kopi dengan cara yang berlebihan tentu saja bisa berdampak negatif pada tubuh. Ingat, kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat stimulan yang membuat orang kecanduan. Itulah sebabnya hingga hari ini saya kecanduan minum kopi.

Rifai Hadi

Pengagum sunyi, penikmat kopi, dan tidak suka lebai | saat ini berprofesi sebagai Advokat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: