Kopi Yuyo, Perpaduan Kopi dan Rempah, Wajib Dicoba!

perpaduan kopi dan rempah
Kopi Yuyo, Perpaduan Kopi dan Rempah. Dokumentasi pribadi.

Perpaduan kopi dan rempah — Bagi penikmat atau pecinta kopi, menikmati secangkir kopi di pagi hari itu adalah sebuah keniscayaan. Sehingga, tanaman komoditas petani satu ini, wajib selalu tersedia di rumah.

Dalam artikel kali ini, saya mencoba menuliskan atau kata lain me-review sebuah produk yang baru saja saya beli.

Adalah kopi—yang direkomendasikan seorang teman. Sebagai pecinta kopi, saya tertarik untuk mencari produknya. Akhirnya saya mendapatkan kopi tersebut dari Palu, Sulawesi Tengah.

Saya memesannya via online. Beberapa hari kemudian—atau setidaknya 3 hari, kopi tersebut tiba di alamat rumah saya dengan sempurna.

Entah berapa jenis kopi di Indonesia sudah saya cicipi. Namun, memang, kopi asal Palu yang begitu terasa mantap di lidah. Salah satu di antaranya adalah Kopi Yuyo—yang baru saya pesan ini.

Aslinya adalah Kopi Rempah Yuyo. Perpaduan antara bubuk kopi dan rempah berupa, jagung, jahe, kayu manis, kencur, pala, dan cengkih.

Sebelumnya saya sudah menceritakan alasan minum kopi—bahwa saya bisa mengonsumsi kopi sampai tiga gelas dalam waktu 24 jam. Saya biasanya minum kopi pagi hari, siang hari, dan malam hari. Atau bahkan kadang-kadang hanya segelas dalam sehari.  

Kopi Yuyo, Perpaduan Kopi dan Rempah, Kaya Manfaat

kopi-yuyo
Kopi Yuyo, perpaduan bubuk kopi dan rempah, kaya akan manfaat. Dokumentasi pribadi

Jika melihat dari komposisi Kopi Yuyo tersebut, maka sekali dayung hingga 6 pulau terlampaui. Bagaimana tidak, di sana ada jahe, kayu manis, kencur, pala, hingga cengkih. Artinya, jika mengonsumsi kopi Yuyo ini, maka dapat menjaga kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah, hingga menjaga imunitas tubuh.

Hitung sendiri berapa khasiat yang didapatkan ketika mengonsumsi Kopi Rempah Yuyo ini. Mari kita ulas satu-persatu:

Jahe

Mengutip dari Laman Halodoc.com beberapa manfaat mengonsumsi jahe. Antara lain Anti Penuaan dan Kanker, Meredakan Nyeri Haid, Menurunkan Glukosa Darah sampai Kolesterol, Memperkuat Sistem Imun, Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus, hingga Meredakan Sakit Otot.

Kayu Manis

Beberapa manfaat mengonsumsi kayu manis di antaranya menurunkan Risiko Diabetes, menjadikan tubuh menjadi lebih sehat, juga dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh.

Kencur

Mengutip Alodokter.com, kandungan yang ada dalam kencur itu antara lain Protein, Serat, Mineral, termasuk, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc, serta Vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan folat.

Sehingga dapat memberikan manfaat berupa dapat mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, membasmi bakteri penyebab penyakit, menangkal radikal bebas, serta menurunkan stres.

Pala

Mengutip dari Kompas.com, setidaknya ada 4 manfaat mengonsumsi Pala. Yaitu: mengandung antioksidan kuat, memiliki sifat anti-inflamasi, dapat meningkatkan performa seks, serta memiliki sifat antibakteri.

Cengkeh

Mengutip dari Halosehat.com manfaat mengonsumsi cengkeh antara lain: melindungi dari kanker, membunuh bakteri penyebab penyakit, meningkatkan kesehatan hati, menjaga kesehatan tulang, mengobati sakit maag, serta mengendalikan kadar gula darah.

Loading...

Artinya, dalam menjaga daya tahan tubuh dan menjaga imunitas, Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari jahe. Demikian juga dengan kencur, kayu manis, hingga Pala. Cukup dengan menyeduh kopi Yoyo lalu meminumnya, maka ada beberapa keuntungan bagi tubuh.

Mencicipi Perpaduan Kopi dan Rempah di Pagi Hari

perpaduan bubuk kopi dan rempah
Menikmati Kopi Yuyo: perpaduan antara bubuk kopi dan rempah. Dokumentasi pribadi.

Setelah Kopi Rempah Yuyo ini tiba di rumah, seperti biasa, saya membiarkannya terkapar di teras. Karena hingga saat ini, saya masih menerapkan protokol kesehatan di rumah.

Sehari setelahnya, saya membukanya dan penasaran dengan aroma serta rasanya. Ketika membuka,  aromanya begitu khas dibanding kopi bubuk pada biasanya. Namun yang paling kental adalah aroma kopi, jahe, serta kayu manis.

Cita rasa dan aromanya pun sangat khas. Mampu memanjakan lidah saya sebagai penikmat kopi.

Meskipun tidak terdapat cara penyeduhan dalam kemasan, membuatnya sangat mudah sekali. Seperti penyeduhan kopi pada umumnya, tuangkan bubuk Kopi Yuyo serta gula sesuai selera di dalam gelas yang diinginkan. Siram dengan air mendidih tentu saja.

Deskripsi Kopi Yuyo

Sebagaimana diuraikan di atas, bahwa Kopi Yuyo merupakan perpaduan kopi dan rempah. Dengan memiliki komposisi: kopi, jagung, jahe, kayu manis, kencur, pala, dan cengkeh.

Biji Kopi Yuyo merupakan khas dari tanah Palolo, Sulawesi Tengah. Kini, kemasan Kopi Yuyo tersedia dalam kemasan dengan berat 50 gram dan 100% halal.

Untuk kemasan, Kopi Yuyo menggunakan aluminium foil, yang tidak rentan rusak. Meskipun terkena air atau bahkan ditenggamkan dalam bak air, tidak akan tembus air.

Menurut saya, bukan hanya sekadar pecinta kopi yang dapat mengonsumsi Kopi Yuyo ini. Bisa untuk semua kalangan, remaja, dewasa, orang tua, bapak-bapak, ibu-ibu—tidak memandang strata sosial. Kecuali bagi Anda yang memang berdasarkan rekomendasi dokter tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kopi Yuyo?

menikmati perpaduan kopi dan rempah
Kemasan Kopi Yuyo saat ini baru tersedia untuk berat 50 gram dengan harga Rp5.000. Dokumentasi pribadi.

Bagi Anda yang belum mencoba Kopi Yuyo yang diproduksi oleh T’Yuyo ini, ada beberapa cara untuk mendapatkannya. Silakan dicoba dengan cara membelinya tentu saja. Kopi Rempah Yuyo ini tergolong murah. Dengan isi 50 gram, Anda hanya perlu mengeluarkan duit sebesar 5 ribu rupiah saja.

Anda bisa membelinya melalui alamat BTN Pengawu Blok J1 Nomor 34, RT 01 RW 06, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Atau memesannya secara online melalui Kontak WhatsApp berikut: 082118793031—0821 8444 6439, serta melalui Akun Facebook Yuyo.

Penutup

Sebagai penikmat kopi, tidak ada salahnya mencicipi Kopi Rempah Yuyo ini. Dengan perpaduan kopi dan rempah, maka segala macam manfaat didapatkan. Terutama bagi kesehatan tubuh.

Aromanya khas. Cocok di lidah saya. Siapa tahu cocok juga di lidah Anda.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan