Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

destinasi-yogyakarta

Destinasi wisata di Yogyakarta yang sempat saya dan Istri saya kunjungi selama kami di Jogja. Menulis ini sebenarnya jadi rindu Jogja.

Memang sejak awal saya migrasi dari Sulawesi Tengah ke Jakarta pada 2014, ingin sekali menginjakkan kaki ke dua wilayah: Bandung dan Yogyakarta.

Dua daerah tersebut kaya akan destinasi wisata yang saya lihat via internet. Namun hingga saat ini, baru Yogyakarta saja yang sempat dikunjungi. Sementara Bandung yang notabene dekat dari Jakarta, malah belum pernah.

Kali pertama ke Yogyakarta pun tak terduga. Jadi begini ceritanya:

Saya berpacaran—yang sekarang sah menjadi istri—dengan orang Sulawesi juga.

Suatu waktu pada 2019, kami janjian untuk bertemu. Diskusi menentukan lokasi yang tidak begitu jauh dari Jakarta, karena kerjaan saya saat itu, sedang padat-padatnya. Pada akhirnya kami bersepakat bertemu di Jogja, karena kebetulan Istri saya ingin menjenguk adik-adiknya—atau adik ipar saya, yang sedang menempuh pendidikan di sana.

Jogja menjadi pilihan yang strategis, karena Istri saya ingin melepaskan penat pekerjaannya sekaligus menjenguk adik, sementara saya sejak lama ingin sekali ke Jogja.

Sampai akhirnya saya juga mengatur waktu untuk meninggalkan pekerjaan sesaat dan bertemu di Yogyakarta.

Selama di Jogja, beberapa destinasi yang kami datangi. Apa saja itu?

1. Pantai Parangtritis
pantai_parangtritis
Saat kami berkunjung ke Pantai Parangtritis. Berburu sunset.

Destinasi wisata di Yogyakarta, yang menjadi sasaran pertama kami adalah Pantai Parangtritis. Kami berangkat dengan memperkirakan tiba pada sore hari, agar dapat menyaksikan secara langsung sunset yang sebelumnya hanya dipandang melalui internet itu.

Tidak bisa dibilang tidak, Pantai Parangtritis memang punya nilai lebih bagi saya dan istri saya. Bahkan kekaguman itu bisa jadi dari seluruh dunia, khususnya para wisatawan mancanegara.  

Pertama kali datang ke pantai ini, kami memesan es buah kelapa sembari menunggu sunset benar-benar menampakkan keindahannya.

Setelah itu, kami menyewa ‘lapak’ seorang tua dan memesan jagung bakar di tepi pantai. Memandangi orang-orang. Ombak-ombak yang menggulung tinggi. Beban kerja, penat, gundah, dan segala macam aksesorinya hilang seketika—apalagi dengan sang kekasih. Aduhai.

2. Candi Prambanan
candi-prambanan
Siang hari jalan-jalan ke Candi Prambanan bersama ratusan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Ketika hari mulai gelap, kami meninggalkan Pantai Parangtritis dengan kisah-kisah yang tertinggal di sana. Dan selanjutnya atau keesokan harinya, kami ke Candi Prambanan. Siang bolong. Tetapi di sana ada jasa sewa payung. Kami mengambilnya satu. Sewa maksud saya. Kami berjalan bersama wisatawan lain.

Di Candi Prambanan ini, hampir semua kami telusuri. Cukup luas memang, tapi inilah yang diidam-idamkan jauh hari—sekarang menapakinya. Harus dimaksimalkan. Spotspot foto banyak sekali. Bahkan kadang bingung lokasi mana yang lebih dulu menjadi spot. Benar kata rang orang salah satu objek wisata favorit adalah Candi Prambanan.

Saya tahu istri saya senang dan bahagia. Istri saya juga tahu, saya bahagia tiada tara.

3. Cafe Chingu
cafe-chingu
Cafe Chingu,cafe ala-ala Korea.

Malam hari seusai dari perjalanan itu, istri saya yang nginap di kosan adik ipar saat itu ngajak ke sebuah cafe ala-ala Korean. Istri saya ini memang pecinta korea. Apalagi filmnya. Karena Cafe Chingu ini bernuansa korea, akhirnya ke sana. Cukup menyenangkan.

4. Warung Bakmi Jowo Mbah Gito
warung-bakmi-jowo-mbah-gito
Berburu kuliner di Warung Bakmi Jowo ‘Mbah Gito’

Warung ini cukup populer di Jogja. Masakannya enak-enak. Saya lupa makan apa saja di warung ini. Tapi seingat saya, nasi gorengnya bikin ketagihan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat warung ini juga nyaris semua terbuat dari bahan-bahan alam. Betul-betul alami. Keren pokoknya. Kalau ke Jogja, mainlah ke Warung Bakmi Jowo Mbah Gito ini. Bagi Anda yang ingin ke Jogja, tempat ini bisa dijadikan salah satu objek wisata favorit.

5. Bukit Lintang Sewu
bukit-lintang-sewu
Di Bukit Lintang Sewu, Jogja.

Selama di Jogja, kami berniat untuk memaksimalkan mengunjungi objek wisata semampu kami. Setelah mencari referensi, akhirnya kali ini kami ke Bukit Linta Sewu.

Sewaktu kami mengunjungi bukit Lintang Sewu ini, kebetulan lagi direnovasi. Ada beberapa perbaikan-perbaikan yang dilakukan. Namun masih ada spotspot yang kami dapat lumayan bagus.

6. Hutan Pinus Mangunan
hutan-pinus-mangunan
Hutan Pinus Mangunan, Jogja.

Destinasi wisata di Yogyakarta lainnya yang sempat dikunjungi adalah Hutan Pinus Mangunan. Kalau Anda ingin melihat hamparan pinus nan sejuk di Jogja, pergilah ke tempat ini. Sewaktu saya keluar dari mobil, langsung diperhadapkan dengan suasana seperti di puncak gunung. Dingin. Hutan pinus ini memang ada di ketinggian.

7. Wisata Seribu Langit Songgo Langit
wisata-seribu-batu-songgo-langit
Wisata Seribu Batu Songgo Langit, Jogja.

Jogja memang nyaris tidak pernah kehabisan tempat wisata. Maksudnya, meskipun Anda mutarmutar, masih ada saja tempat wisata yang harus dikunjungi. Termasuk wisata Seribu Langit Songgo Langit ini.

Ketika orang-orang kreatif mengurus dan mengatur suatu objek, maka disulapnya jadi hal yang menakjubkan. Tempat ini luar biasa. Kita akan dipertemukan banyak taman-taman indah.

Agak jauh dari taman-taman indah itu, ada puncak Songgo Langit. Untuk mencapai puncak Songgo Langit ini sedikit butuh perjuangan, karena jalurnya agak menanjak. Saat kami ke lokasi, hanya ada beberapa orang yang sedang bersantai dan mengambil gambar di sana. Saat itu memang kami tidak memperkirakan waktu. Jam 11 siang tiba di lokasi. Seharusnya agak sore.

Ini hanya bagian pertama. Nantikan bagian selanjutnya, tempat wisata yang sempat saya kunjungi selama di Yogyakarta.

Baca juga: Jombloisme, Ideologi Baru Masa Kini

Rifai Hadi

Pengagum sunyi, penikmat kopi, dan tidak suka lebai | saat ini berprofesi sebagai Advokat.

4 komentar pada “Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

  • 3 September 2021 pada 1:23 am
    Permalink

    Mantap, memang bagus destinasi wisata Yogyakarta, jugabkulinernya yang istimewa, thanks sudah berbagi cerita dari Alicyborg Magazine.

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: