16 Objek Wisata di Sulawesi Tengah yang Wajib Dikunjungi

pulau togean

Objek wisata di Sulawesi Tengah tak kalah dengan tempat wisata lainnya di Indonesia. Meskipun wisata di daerah ini tidak sebanyak Bali atau Jogja, akan tetapi tak kalah menarik dari dua daerah itu.

Jangan mengira tak ada bule datang ke daerah ini. Setiap tahun banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Terutama pada daerah-daerah pantai.

Sulteng—singkatan dari Sulawesi Tengah memiliki luas wilayah 61.841,29 km². Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS)[1], jumlah penduduk Sulteng berkisar 2.985.734 jiwa.

Dari data BPS juga, jumlah wisatawan Mancanegara dan Domestik sepanjang tahun 2016 sampai dengan 2020 dapat dilihat sebagai berikut:

TahunWisatawan MancanegaraWisatawan DomestikTotal
201655 7953 075 9843 131 779
201724 7093 025 4173 050 126
201823 9423 000 1663 024 108
201926 4913 296 3543 322 845
202011 9211 812 9951 824 916

Ada beberapa faktor penurunan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pertama, pada 2018, adanya bencana alam yang terjadi di Sulteng. Proses pemulihan pun masih berlangsung hingga saat ini. Kedua, adanya serangan Pandemi Covid-19, yang hingga saat ini belum normal.

Enam belas objek wisata di Sulawesi Tengah terbaik setidaknya versi saya. Saya menganggapnya terbaik, karena memang sering dikunjungi para wisatawan.

16 objek wisata di Sulawesi Tengah yang Wajib Anda Kunjungi.

  1. Pantai Tanjung Karang.
  2. Pusentasi Pusat Laut.
  3. Matantimali.
  4. Danau Tambing.
  5. Situs Megalith.
  6. Pantai Talise.
  7. Tugu Perdamaian.
  8. Taman Wisata Alam Air Terjun dan Air Panas Mantikole.
  9. Taman Nasional Pulau Togean.
  10. Pantai Sabang, Tende.
  11. Pulau Kapas.
  12. Pantai Bambarano.
  13. Pantai Kayu Bura.
  14. Pulau Sombori.
  15. Desa Wisata Luk Panenteng.
  16. Desa Wisata Mbuang-Mbuang.

Enam belas objek wisata di Sulawesi Tengah tersebut, kita bahas satu persatu. Simak ulasannya!

1. Pantai Tanjung Karang

objek wisata tanjung karang
Salah satu spot foto di Tanjung Karang. Sumber gambar: pelancongatlas.com.

Pantai Tanjung Karang paling populer di antara lainnya. Terletak di Teluk Palu sebelah Utara Kota Donggala. Jarak tempuh dari Kota Palu dapat dicapai dalam waktu sekitar 30-40 menit atau kurang lebih 35 km. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan hamparan pasir putih sejauh mata memandang, dipadukan dengan perbukitan hutan yang sangat menarik. Pantai tanjung karang dilengkapi dengan fasilitas seperti Taksi wisata laut dan lokasi snorkeling.

Berbagai jenis home stay dan penginapan juga Anda dapatkan di lokasi ini. Saya beberapa kali ke Tanjung Karang ini, dan mencoba beberapa fasilitas yang ditawarkan. Misalnya mencoba snorkling, menikmati hidangan di cafe.  

2. Pusentasi Pusat Laut

objek wisata pusentasi
Pusat laut atau Pusentasi. Sumber gambar: Gocelebes.com

Pusat Laut atau pusentasi laut adalah sebuah wujud kebesaran sang pencipta. Bayangkan, di tengah daratan Kota Donggala yang luas, terdapat sebuah sumur besar yang airnya asin bagai air laut. Jarak menuju Pusat Laut kurang cukup 30 menit dari pusat Kota Palu.

Pusentasi ini tak begitu jauh dari Pantai Tanjung Karang, tepatnya di Desa Bone Oge, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala.

Orang-orang menyebutnya sebagai Sumur Alam karena terbentuk secara alami.

3. Matantimali

objek wisata matantimali
Objek Wisata Matantimali. Sumber gambar: matantimalifly.com

Salah satu primadona objek wisata di Sulawesi Tengah adalah Matantimali.

Matantimali lahir dari sebuah nama desa di atas gunung verbek, tepat di sisi kiri kemegahan Puncak Gawalise, Kota Palu. Gunung ini berada di ketinggian 1.500 mdpl. Saking strategisnya tempat ini, dahulu Belanda mendirikan pos pemantauan di gunung ini.

Di Matantimali ini, kamu bisa merasakan embusan angin yang mengarah ke lereng gunung yang menyebabkan turbulensi. Bukankah hal ini diperlukan untuk mendapatkan ketinggian ketika akan bermain paralayang? Nah, itulah sebabnya Matantimali merupakan salah satu lokasi paralayang terbaik di dunia.

Jaraknya tak begitu jauh dari Kota Palu, hanya berkisar 30 KM—terletak di Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Sigi. Ketinggian tempat ini 800 mdpl.

Untuk menuju ke sini, dilakukan secara darat dari Kota Palu, dengan jarak tempuh kurang lebih hingga 1 jam.

Saya jamin, Anda tak akan menyesal ketika berada di tempat ini. Sebab, keindahannya cukup mengagumkan. Maka tak heran jika banyak anak-anak muda yang mendirikan tenda di Matantimali ini—apalagi ketika waktu weekend.

Apalagi jika Anda di tempat ini pada waktu menjelang pergantian tahun. Apabila cuaca memungkinkan, saya bisa menjamin Anda akan kembali lagi ke Bukit Matantimali.

4. Danau Tambing

objek wisata danau tambing
Objek Wisata Danau Tambing. Sumber gambar:  @ardhyms

Danau Tambing bagian dari wilayah administratif Taman Nasional Lore Lindu (TNLL). Wilayah ini, terletak di antara Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso.

TNLL memiliki luas sekitar 217.991,18 Ha, yang memiliki daya tarik tersendiri. Mengapa demikian? Karena di TNLL ini tersimpan kekayaan alam yang tak ternilai. Untuk itulah UNESCO menetapkan TNLL sebagai cagar biosfer sejak tahun 1977.

Di TNLL ini, Kamu bakal menyesal jika tidak menyaksikan langsung tingkah lucu dari endemik Sulawesi tengah seperti: Burung Maleo, Tarsius serta burung Julang Sulawesi.

5. Situs Megalith

situs megalith kabupaten poso
Salah satu megalith. sumber gambar: goodnewsfromindonesia.id

Salah satu objek wisata di Sulawesi Tengah yang dikunjungi banyak sejarawan adalah Situs Megalith. Situs ini juga berada dalam kawasan TNLL. Tersebar pada daerah Napu, Besoa, dan Bada. Situs megalith diperkirakan  telah ada sejak 3000 tahun sebelum masehi. Setelah diukur, memiliki tinggi rata-rata 1.5 – 2.5 Meter hingga 4 meter.

Menurut beberapa referensi, ada lima klasifikasi dari patung ini.

Pertama, Patung-patung Batu. Patung ini mempunyai ciri seperti manusia. Namun, yang terlihat hanya bagian kepala dan bahu saja.

Kedua, Kalamba. Jenis ini menyerupai jambangan besar. Ketiga, Tutu’na ; piring-piringan dari batu. Keempat, Batu Dakon ; seperti bebatuan rata hingga berbentuk cembung. Kelima, Mortar batu, tiang penyangga rumah dan bentuk penyangga lain di temukan. 

6. Pantai Talise

objek wisata pantai talise
Pantai Talise sebelum bencana tahun 2018. Sumber gambar: tripadvidor.com

Sebelum diterjang bencana tsunami dan gempa pada 2018 silam, tempat ini sangat eksotis. Banyak wisatawan lokal yang berkunjung. Setiap sore hari, banyak keluarga yang membawa anaknya ke sini.

Di sepanjang Teluk Kota Palu, memang ada beberapa tempat indah dan sangat ramai. Apalagi dikala senja.

Tak usah takut lapar, karena di sekitar pantai terdapat aneka kuliner yang siap disantap.  

7. Tugu Perdamaian

tugu perdamaian
Tugu Perdamaian. Sumber: Medcom.id

Tugu Perdamaian atau dikenal Tugu Nosarara Nosabatutu menjadi salah satu primadona dikunjungi, khususnya bagi warga Kota Palu.

Tugu ini terletak di perbukitan Kelurahan Tondo, Kota Palu. Tugu ini dibangun sebagai simbol persatuan dan perdamaian rakyat Sulawesi Tengah.

Ada beberapa fasilitas yang terdapat di objek wisata satu ini. Antara lain lapangan tembak, arena balap motor cross, tempat perkemahan, juga terdapat pasar industri kerajinan tangan.

Untuk ke tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Akses dari pusat Kota Palu sangat dekat sekali.

Jika Anda kebetulan berkunjung ke Kota Palu, kunjungilah salah satu tempat terbaik di Kota Palu ini.

8. Taman Wisata Alam Air Terjun dan Air Panas Mantikole

air terjun wera
Air Terjun Wera. Sumber gambar: instagram.com/dinar_rikianto/

Setiap weekend tiba, banyak wisatawan lokal yang memilih ke taman wisata air terjun berlokasi di Wera ini. Tak begitu jauh dari Kota Palu. Hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke tempat wisata ini.

Biasanya, orang-orang yang hendak ke sini menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.  

9. Taman Nasional Pulau Togean

pulau togean
Pulau Togean. Sumber gambar: housingestate.id

Objek wisata di Sulawesi Tengah tampaknya tak kurang. Salah satunya adalah kehadiran objek wisata Pulau Togean. Mungkin tidak semua orang setuju bahwa untuk melepas penat menghindari perkotaan. Akan tetapi, hampir semua sependapat apabila tempat terbaik adalah pantai yang bersih, indah, serta menyegarkan.

Ke Pulau Togean adalah salah satu tempat pelarian yang pas apabila kepenatan dalam pekerjaan terus menghantui. Karena tempat ini sungguh menyenangkan pun membahagiakan.

Loading...

Bukan hanya menikmati keindahan alamnya, Anda bisa melakukan aktivitas snorkelling. Apabila bosan, ganti dengan diving. Semua ada di sini.

Salah satu kelebihan tempat ini adalah, Anda bisa mengunjungi tempat menarik lainnya. Misalnya ke Pulau Papan, Menara Pandang di Kadoda,  Danau Ubur-ubur, Pemukiman Suku Bajo, atau ke tempat Manggrove boardwalk di Lembanato.

Sayangnya, Kepulauan Togean belum memiliki bandar udara. Untuk mengakses tempat ini, ada beberapa alternatif transportasi yang dapat digunakan.

9.1 Melalui Pesawat Terbang.

Bandara  udara terdekat yaitu Ampana di selatan, Gorontalo di utara, dan Luwuk di Bagian Tenggara. Dari setiap Bandara ini perjalanan untuk mencapai Kepulauan Togean dilakukan melalui laut dari Pelabuhan laut. Khusus dari Bandara Luwuk Anda harus melakukan perjalanan darat selama 1 jam  mencapai pelabuhan Pagimana. Itu pun pesawat hanya dari Bandara di Palu.  sehingga semua penerbangan dari Kota manapun seperti Jakarta, Makassar, Balikpapan, Bali dan Surabaya harus melakukan transit di Bandara Palu.

9.2 Melalui Laut

Untuk masuk melalui laut, terdapat dua titik masuk utama, yaitu Gorontalo dari utara dan Ampana dari selatan. Sebagai perbandingan, Gorontalo lebih mudah dicapai dengan penerbangan dari Makassar atau Manado, tetapi jaraknya ke Togean kira-kira dua kali lipat (lebih dari 100 kilometer versus 40 kilometer) dibandingkan dengan Ampana.

9.3 Melalui Darat

Selain dua alat transportasi di atas, alternatif lain adalah menggunakan jalur darat. Maksudnya, Anda bisa saja dari Palu menuju Ampana. Kemudian untuk mengakses ke lokasi menggunakan transportasi laut.

10. Pantai Sabang, Tende

objek wisata pantai sabang, tolitoli
Menikmati sunset di Pantai Sabang. Dokumentasi pribadi.

Daerah Tolitoli tak kalah menarik. Ada begitu banyak tempat wisaya yang dikunjungi untuk sekadar merefresh otak dari penat pekerjaan. Salah satu di antaranya adalah Pantai Sabang, Tende.

Pantai satu ini juga tak kalah asyik. Pasirnya putih serta halus. Di tempat ini aneka jenis jajanan juga disuguhkan oleh masyarakat setempat. Jadi, Anda tidak perlu takut kelaparan.

Tak perlu takut untuk berkunjung ke salah satu objek wisata di Sulawesi Tengah ini. Hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam dari Pusat Kota Tolitoli. Dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Dari Bandar Udata Tolitoli pun sangat dekat.

11. Pulau Kapas

objek wisata pulau kapas
Salah satu spot foto di Pulau Kapas. Dokumentasi pribadi.

Selain Pantai Sabang, Pulau Kapas juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pemandangannya sungguh menakjubkan. Anda akan disuguhkan pemandangan berupa pantai yang eksotis,, serta pepohonan mangrove yang terpelihara dengan baik.

Oh, ya, di Pulau Kapas juga bisa melakukan diving dan snorkeling.  

Untuk menuju Pulau Kapas anda memerlukan waktu tempuh yang sebentar yakni sekitar 10 menit. Alat transportasi yang bisa anda gunakan adalah perahu Katinting. Menariknya lagi anda hanya perlu membayar tarif perahu mulai dari Rp. 15 ribu saja. Tertarik mengeksplore pulau cantik ini?

12. Pantai Bambarano

pantai bambarano
Pantai Bambarano. Sumber gambar: @SoalPalu.

Pantai Bambarano merupakan pantai yang eksotis. Terletak di Desa Rano Kec. Balaesang Timur, Kabupaten Donggala. Untuk ke lokasi ini, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat—yang berjarak kurang lebih 114 KM dari Kota Palu.

Ada begitu banyak spot untuk Anda berfoto di Pantai Bambarano ini. Selain itu, juga bisa menyewa snorkelling. Bukan hanya itu, di tempat ini ada cafe kecil yang bisa Anda singgahi untuk sekadar mengisi perut. Sayangnya, belum tersedia penginapan.  

13. Pantai Kayu Bura

pantai kayu bura
Pantai Kayu Bura. Sumber gambar: foto.tempo.co

Pantai Kayu Bura ini juga tak kalah menarik. Pantai yang indah karena pasirnya putih dan bersih.

Pada 2015, Pantai Kayu Bura dijadikan tempat tempat pelaksanaan Sail Tomini.

Dari pesisir pantai, kita sudah dapat  melihat terumbu karang dan rumput  laut yang eksotis yang mengintip ke  permukaan. Terlebih lagi pemandangan perahu-perahu nelayan yang hilir mudik menambah  eloknya panaorama di Pantai Kayu  Bura.

Pantai ini terletak di Kabupaten Parigi Moutong. Dari Kota Palu berjarak kurang lebih 77 km yang dapat ditempuh selama 2 jam. Menggunakan kendaraan darat.

14. Pulau Sombori

objek wisata pulau sombori
Pulau Sombori. Sumber gambar: instagram.com/boji.id/

Saya sudah bilang, objek wisata di Sulawesi Tengah itu tak kalah menarik dari daerah lain. Salah satunya adalah Pulau Sombori.

Pulau Sombori disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat. Bagaimana tidak,

Kawasan ini merupakan kawasan konservasi. Terdiri dari gugusan-gugusan pulau. Selain itu, terdapat bermacam terumbu karang yang menjadi pemandangan menakjubkan saat melakukan diving dan snorkeling.

Di Kepulauan Sombori ada beberapa tempat yang juga mesti dikunjungi. Misalnya Danau Air Asin, Pulau Kayangan, Goa Berlian, atau Pulau Kucing, serta beberapa tempat lainnya.

Untuk menuju ke tempat ini dilakukan melalui darat. Jarak dari Kota Palu ke Kolonodale kurang lebih 575 kilometer. Itu artinya, perjalanan darat bisa ditempuh lebih kurang 11 jam lamanya.  

Namun tenang, jika Anda tidak ingin berlama-lama dalam perjalanan, bisa juga melalui udara.

Ilustrasinya seperti ini:

Bandara Palu – Makassar ± 45 menit

Bandara Makassar – Morowali ± 1 jam

Kendari – Morowali ± 45 menit

15. Desa Wisata Luk Panenteng

objek wisata di sulawesi tengah
Objek Wisata Danau Paiso Sok. Sumber gambar Dinas Pariwisata Bangkep.

Jangan mengira hanya Yogyakarta atau Bali yang memiliki Desa Wisata. Sulawesi Tengah pun ada. Desa Luk Panenteng salah satu objek wisata di Sulawesi Tengah yang juga sedang naik daun. Desa ini berada di Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan.

Apa daya tarik di desa ini, sehingga Anda harus mengunjunginya?

Wilayah ini memiliki keindahan alam yang cukup unik berupa Danau Paisu Pok. Karena airnya sangat indah, bersih, dan memukau, sehingga bisa membuat pantulan pohon yang ada di sekeliling danau. Berada di tempat ini, tampaknya menyejukkan, bukan?

Selain danau, kita juga dapat mengunjungi Pantai Poganda, yang memiliki laut jernih dan pasirnya putih.

Di desa ini, juga ada Permandian Paisu Batango

16. Desa Wisata Mbuang-Mbuang

objek wisata di bangkep
Salah satu spot Wisata di Desa Mbuang-Mbuang. Sumber gambar: Dinas Pariwisata Prov. Sulteng.

Ada lagi satu Desa Wisata yang ada di Sulawesi Tengah. Yaitu Desa Mbuang-Mbuang. Salah satu desa yang ada di Kabupaten Banggai Laut.

Apa saja objek wisata yang menarik dari desa ini?

  • Danau ubur-ubur
  • Gua Pangaan
  • Bukti Popisi
  • Taman Laut Kima
  • Pasir panjang

Itulah 16 objek wisata di Sulawesi Tengah yang wajib Anda kunjungi. Apabila Anda berkunjung ke Sulteng, silakan pilih tempat favorit Anda di atas. Jangan lupa, makan Kaledo, sebagai makanan khas Kota Palu dan Donggala.

Demikian. Semoga bermanfaat.


[1] Lihat lebih lengkap di BPS.go.id

Loading...

Tinggalkan Balasan