Malas Olahraga tapi Berasa Olahraga? Berikut Tipsnya!

tips malas olahraga
ilustrasi. dokumentasi pribadi.

Malas olahraga menjadi perhatian para pakar kesehatan. Mereka menyarankan untuk olahraga selama sekian jam dalam seminggu.

Olahraga adalah aktivitas wajib. Minimal sekian jam dalam seminggu. Olahraga sangat bermanfaat, karena dapat menjaga kesehatan fisik. Bukan hanya itu, kesehatan mental pun terjaga.

Namun demikian, begitu banyak orang yang tidak sempat untuk berolahraga. Ada beberapa alasan, salah satunya terbentur pekerjaan yang padat.

Ada juga yang memang faktor kemalasan. Pada saat ada waktu untuk olahraga, malah malas. Waktu digunakan untuk berleha-leha di tempat tidur. Saat weekend misalnya. Dan salah satu orang termasuk di dalamnya adalah saya.

Jadi, setidaknya ada dua alasan mengapa tidak berolahraga. Pertama, terbentur dengan pekerjaan yang padat. Kedua, karena faktor malas.

Karena alasan itulah saya menulis artikel ini untuk sekadar membagi tips. Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman saya. Sebagai pengganti olahraga.

Tips Bagi Anda yang Malas Olahraga  

Saya menyadari, dengan kurangnya olahraga atau aktivitas fisik, mengakibatkan menurunnya kesehatan saya. Untuk itulah saya mencoba memutar otak mencari pengganti olahraga—memperbanyak gerakan fisik tertentu.

Jadi, saya tidak melakukan olahraga di fasilitas umum atau fasilitas sosial lainnya. Cukup dilakukan di rumah. Atau sekitar rumah saja.  

Sebelum menuju tips, alangkah eloknya saya menjabarkan terlebih dahulu tentang hal-hal di bawah ini.

Mengapa Olahraga itu Penting?

Mengutip dari beberapa referensi, ada beberapa alasan mengapa olahraga itu sangat penting. Bisa dibilang sepenting sehabis makan harus minum.

Pertama, dengan olahraga, dapat menjaga kebugaran tubuh kita. Kedua, dapat mencegah penyakit.  Penyakit apa saja yang dapat dicegah? Misalnya Stroke, diabetes, depresi, dan kanker serta beberapa penyakit lainnya. Selain dapat mencegah, olahraga dengan rutin juga dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Ketiga, sudah tidak bisa dimungkiri lagi, dengan berolahraga, maka akan menambah stamina. Diyakini bahwa olahraga dapat membuat sistem kardiovaskuler bekerja. Dengan begitu, stamina kita terus meningkat.

Keempat, dapat menjaga berat tubuh. Banyak yang ingin diet, salah satunya dengan rajin berolahraga. Memang benar, olahraga dapat menjaga berat tubuh kita. Karena aktivitas dapat membakar kalori.  

Kelima, diyakini dapat menjaga suasana hati. Bagi yang sering galau baik karena hubungan dengan pasangan maupun karena pekerjaan, sering-seringlah olahraga. Itu dapat menjaga suasana hati Anda. Di samping itu, dapat juga meningkatkan kepercayaan diri.  

Keenam, tidur pulas. Aktivitas fisik kadang melelahkan. Dengan seringnya melakukan aktivitas fisik tersebut. Maka diyakini dapat mendorong Anda untuk tidur cepat dan pulas.

Tentu saja masih banyak alasan lain mengapa harus olahraga selain enam poin di atas.

Pendapat tentang Olahraga

Mengutip dari laman media.neliti.com. Kata “sport” berasal dari kata “disportare”. Bahasa Inggris Kuno, yang berarti bersenang-senang, pengisi waktu luang bagi kaum bangsawan Inggris. Dahulu, masih di laman yang sama, di halaman istana-istana kecil yang banyak di Inggris, kaum bangsawan biasa ber-disportare. Disportare Inggris Kuno ini kemudian berkembang menjadi kegiatan sport seperti sekarang. Yaitu competitive sport yang bersifat formal.

Menurut Abdullah, telah diakui bahwa istilah “olahraga” biasa digunakan dengan konsep yang lebih luas (dari pada sport). Mencakup atletik, game, permainan (play), senam dan aktivitas perorangan dan beregu, baik yang kompetitif maupun non-kompetitif.

Tips Bagi Anda yang Malas Olahraga

Nah, ini poin pentingnya dari artikel yang Anda baca saat ini. Pemaparan di atas adalah teori. Meskipun kita mengetahui dampak baik dari olahraga dan tidak, kalau dua alasan di atas yaitu kesibukan dan malas menghantui, ya sama saja dengan bohong.

Untuk itu, simak tips bagi Anda yang malas olahraga di bawah ini.

Membiarkan Rumah Kotor untuk Beberapa Waktu

Loading...

Jangan mencontoh saya. Sangat tidak baik. Karena saya salah satu manusia yang malas olahraga. Kemalasan tersebut terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya aktivitas bekerja yang padat. Namun, itu alasan yang sangat konyol.

Sebagai penggantinya, saya kadang membiarkan rumah kotor. Tidak dibersihkan dalam beberapa hari. Demikian juga bagian halaman rumah. Membiarkan rumah agak kotor memang perbuatan yang tidak baik. Tidak sehat. Namun saya memastikan, rumah tidak begitu kotor sekali.

Apa alasan saya melakukan hal demikian?

Ya itu tadi, karena malas olahraga. Pada hari weekand, saya membersihkannya sekaligus. Ini akan dijabarkan di bawah. Baca hingga tuntas.

Dengan Kotornya Rumah, Anda Akan Terpacu untuk Membersihkan

Jadi ini maksudnya. Membiarkan kotor untuk beberapa saat, kemudian dibersihkan. Untuk membersihkannya kadang saya lakukan pada hari libur.

Manusia lain hari libur digunakan untuk piknik, saya harus membersihkan rumah.

Sediakan Handphone Bermusik dan Soundsystem

Ini tips selanjutnya. Apabila tidak memiliki sound system, cukup menggunakan handphone saja. Itu sudah cukup. Asal ada musiknya. Apa maksudnya?

Saya sering melakukan ini. Menyetel musik koplo. Atau musik Tiktok yang hits. Atau musik dangdut. Musik ini berguna ketika Anda melakukan hal-hal di bawah ini.

Siapkan Sapu dan Alat Pembersih Lainnya

Ketika dua hal di atas dipastikan sudah tersedia, maka selanjutnya perlu menginventarisir alat pembersih. Sapu dan alat pel misalnya. Setel musik dan lakukan di bawah ini

Mulailah Menyalakan Musik dan Berjoget Sambil Ngepel

Musik tadi sangat bermanfaat. Anda bisa membersihkan rumah sambil berjoget mendengarkan musik. Ini saya lakukan agar gerakan gerakan membersihkan lantai tidak monoton. Ada gerakan tambahan agak lebih berkeringat.

Mengapa demikian?

Ya karena tadi, ini adalah pengganti olahraga. Olahraga adalah aktivitas fisik, maka membersihkan rumah dengan gerakan tambahan, adalah aktivitas yang sama seperti olahraga.

Saya mengakalinya dengan demikian itu. Mungkin norak, tapi siapa tahu berguna untuk Anda yang malas olahraga di luar rumah.

Jadi, kadang saya membersihkan bagian dalam rumah dulu. Sehingga ketika pukul 9 pagi, saat matahari sudah menyinari halaman rumah, kemudian membersihkan halaman. Artinya membersihkan sembari berjemur sembari pula olahraga.

Sekali dayung 3 pulau terlampaui.

Menyiasatinya demikian. Siapa tahun Anda punya siasat lain sebagai pengganti olahraga.

Penutup

Olahraga sangat penting. Namun, banyak orang yang tidak sempat melakukannya. Atau karena memang faktor kemalasan.

Anda bisa menyiayatinya dengan tips di atas. Karena biar bagaimana pun, jika waktu tertutup oleh aktivitas pekerjaan, minimal seminggu sekali melakukan aktivitas fisik. Di rumah saja.

Saya melakukan demikian karena memang tuntutan pekerjaan. Dan faktor malas. Maka dengan demikian, saya membersihkan rumah seminggu sekali. Agar aktivitas fisik tetap ada.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Baca Tips lain: 7 Kegiatan Produktif yang Wajib Dilakukan Para Jomlo

Loading...

2 tanggapan pada “Malas Olahraga tapi Berasa Olahraga? Berikut Tipsnya!”

  1. Hahaha saya juga gitu gan, kalau disuru olahraga malesnya minta ampun. Untungnya pekerjaan saya menuntut saya untuk terus bergerak, jadinya kerja sekalian olahraga

Tinggalkan Balasan