7 Kegiatan Produktif yang Wajib Dilakukan Para Jomlo

kegiatan produktif jomlo
Jangan meratapi kesendirian. Segera lakukan beberapa kegiatan produktif. Dokumentasi pribadi.

Jomlo adalah tulang punggung Bangsa. Jika para jomlo binasa, kacaulah Negara ini. Untuk memanjakan para jomlo, diperlukan orang-orang yang juga memahaminya. Misalnya memberikan mereka tips agar mereka terus produktif.

Tips itu bisa melalui video. Bisa pula melalui tulisan. Untuk itulah saya menulis artikel ini.

Jomlo menurut KBBI Kemendikbud adalah pria atau wanita yang belum memiliki pasangan hidup. Jadi begitu ya, jomlo itu yang belum memiliki pasangan. Seperti Anda.

Sebelumnya, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila Anda tersinggung. Jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati Saudara, mohon buka ampunan.

Apabila berkenan, silakan lanjutkan membaca artikel ini.

7 Kegiatan Produktif yang Wajib Dilakukan Para Jomlo

  1. Memaksimalkan Potensi Diri.
  2. Memperbanyak Teman atau Jaringan.
  3. Anda Bisa Menjelajahi Nusantara atau Bahkan Dunia.
  4. Kalau Dulu tidak Bisa Menabung, Kini, Inilah Saatnya.
  5. Selain untuk Menabung, Anda juga Lebih Rajin Sedekah.
  6. Meningkatkan Olahraga dan Olah Jiwa.
  7. Melakukan Kegiatan Budikdamber di Rumah.

Mari kita bahas satu per satu apa alasannya melakukan kegiatan produktif di atas.

1. Saatnya Memaksimalkan Potensi Diri

Tak bisa dimungkiri. Adanya kekasih kadang menghambat mengembangkan potensi diri. Karena waktu bisa saja tersita untuk pacaran berdua di taman atau di cafe.

Namun ada juga pasangan yang bisa memacu mengembangkan potensi itu. Hanya saja, tak ada yang bisa membantah bahwa memiliki kekasih adalah salah  satu faktor penghambat. Apalagi sang pacar posesif. Cemburuan. Parnoan.

Dengan Anda yang sendiri saat ini, maka pikiran Anda akan fokus pada diri sendiri saja. Kalau sudah begitu, maka inilah waktunya menggali, menemukan, serta mengembangkan apa yang ada dalam dirimu.

Misalnya, apabila Anda hobi desain, yang dulu saat pasangan, jarang melakukannya. Kini Anda bebas melakukannya. Dua puluh empat jam. Tujuh hari seminggu.

Atau misalkan Anda senang menulis. Artinya, dengan kesendirian, Anda begitu punya banyak waktu untuk menulis, selain melakukan hal-hal lain, misalnya pekerjaan utama Anda.

So, jangan meratapi kesendirian. Jangan buat kesendirian menjadi alasan untuk berleha-leha.

2. Saatnya Memperbanyak Teman atau Jaringan

Beberapa rekan saya mengalaminya. Ketika dia sudah punya kekasih, malah waktu bersama teman begitu kurang. Waktu biasanya dia pergunakan dengan sang kekasih. Itu pilihan.

Saya ingin menyampaikan bahwa tidak semua rekan saya demikian itu. Ada juga yang sering kumpul membawa pacarnya.

Nah, untuk Anda yang jomlo, sekarang lah saatnya untuk kembali membangun hubungan Anda dengan teman-teman. Sekaligus menambah jaringan baru untuk keperluan masa depan Anda.

Bagi Anda yang sudah bekerja, mengembangkan jaringan itu sangat diperlukan. Apalagi jaringan-jaringan itu adalah orang-orang yang berpengaruh cukup besar. Maka tidak ada salahnya poin ini Anda lakukan sesegera mungkin.

3. Kini, Anda Bisa Menjelajahi Nusantara atau Bahkan Dunia

Hal produktif lain yang bisa dilakukan adalah menjelajahi bumi Nusantara hingga dunia. Apabila Anda suka traveling sendiri, inilah saatnya keluar ‘kandang’.

Untuk di Indonesia, Anda bisa mengunjungi Objek Wisata di Jogja. Objek wisata di daerah ini sangat melimpah. Beberapa di antaranya sudah saya kunjungi. Atau Anda bisa menjelajahi daerah lain yang aduhai keindahan alamnya.

Tak bisa dimungkiri, dengan bertualang, kita menemukan hal-hal baru. Teman baru. Inspirasi baru. Paling penting dari semua itu adalah pengalaman yang tak terkira.  

Loading...

4. Kalau Dulu tidak Bisa Menabung, Kini, Inilah Saatnya

Pacaran itu menguras isi dompet. Rekening. Bahkan saham. Bagaimana tidak, ketika Anda mengajak ngedate di cafe, maka siap-siap mengeluarkan uang.

Sekali nongkrong di cafe, bisa habis dua ratus ribu rupiah hingga tiga ratus ribu rupiah. Apalagi cafenya yang elit, bahkan bisa lebih dari itu. Lah, Anda parkir kendaraan saja kadang bayar. Motor Rp2.000. Mobil bisa lebih dari Rp5.000.

Kini, Anda sendiri. Yang Anda pikirkan adalah diri Anda sendiri dan keluarga. Ketika mendapatkan uang, bisa ditabung. Selebihnya kebutuhan sehari-hari dan untuk keluarga.  

5. Selain untuk Menabung, Anda juga Lebih Rajin Sedekah

Artinya begini, ketika dapat uang, ada orang yang mengalokasikan beberapa persen untuk bersedekah.

Ketika Anda masih pacaran, kadang pula malas sedekah. Karena uang dipakai untuk jalan-jalan bersama sang kekasih. Nah, uang pacaran itu bisa disisikan sebagiannya untuk sedekah.

Bukan hanya itu, kadang juga, dengan kesendirian itu, menyisihkan beberapa persen pendapatan untuk donasi sosial. Anda bisa memilih di mana Anda seharusnya memberikan donasi.

6. Meningkatkan Olahraga dan Olah Jiwa

Pernahkah Anda mengalami, ketika ingin berolahraga, namun tiba-tiba pacar nelfon meminta mengantarnya ke suatu tempat? Ketika Anda mengiyakan, maka olahraga yang direncanakan itu menjadi tertunda.

Dengan tertundanya olahraga tersebut, artinya menunda pula tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar.

Nah, dengan kesendirian Anda saat ini, sudah saatnya untuk meningkatkan ritme olahraga.

Bukan hanya itu, saat pacaran dulu, mungkin emosi Anda sering bergejolak. Faktornya bisa bermacam-macam. Misalnya, pacar Anda menuduh yang tidak-tidak.

Kini Anda sendiri. Jiwa yang dulu tergoncang mesti diperbaiki dalam kondisi kesendirian itu.  

Dengan Anda sendiri seperti saat ini, emosi Anda menjadi terkontrol. Artinya, jiwa stabil.

7. Melakukan Kegiatan Budikdamber di Rumah

Kegiatan produktif para jomlo mesti lakukan adalah Budikdamber. Budikdamber adalah Budidaya Ikan dan Kangkung dalam Embar. Selain 6 hal yang wajib para jomlo lakukan di atas, kegiatan Budikdamber juga kiranya dipertimbangkan untuk dieksekusi.

Kegiatan Budikdamber ini dapat mengusir kebosanan ketika Anda di rumah. Bukan hanya itu, beberapa komunitas menjadikannya sebagai budaya dan mata pencaharian. Artinya, dengan budidaya ikan dan kangkung, mendapatkan keuntungan berupa uang.

Mengapa demikian? Karena hasilnya bisa dijual. Baik melalui online maupun offline.

Penutup

Itulah 7 kegiatan produktif yang wajib dilakukan para jomlo. Jangan meratapi kesendirian, karena itu sangat merugikan diri Anda sendiri.

Lakukan tujuh hal produktif di atas, maka itu mendatangkan keuntungan yang luar biasa.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Loading...

2 tanggapan pada “7 Kegiatan Produktif yang Wajib Dilakukan Para Jomlo”

  1. iya min saya lagi mengalami fase ini, setelah putus sama pacar saya jadi lebih produktif, bisa nabung untuk biaya masa depan. kemarin waktu pacaran rasanya uang tuh pas terus buat biaya hidup bulanan

Tinggalkan Balasan