Lompat ke konten

10+ Objek Wisata di Donggala, Didominasi Pantai

Last Updated: 26 Feb 2022, 10:35 pm

Bacaan 8 menit
objek wisata donggala pantai tambu
Objek Wisata di Donggala

Selain dikenal dengan wisata kuliner berupa Kaki Lembu Donggala (Kaledo), objek wisata di Donggala juga banyak dan populer. Salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah ini paling dikenal dengan destinasi wisata alam berupa pantai yang keren dan memanjakan mata.

Loading...
Advertisements

Dahulu, Donggala terkenal dengan kota pelabuhan dan perdagangan. Mengapa demikian? Karena ternyata lalu lintas barang dan jasa hanya bisa berlangsung melalui pelabuhan Donggala. Namun sekarang, lalu lintas barang dan jasa tampaknya berpusat di Kota Palu .

Deskripsi Kabupaten Donggala

Kabupaten Donggala membentang dari arah Tenggara ke Barat Daya dan melebar dari arah Barat ke Timur, dan sebagian besar berada di daratan Pulau Sulawesi. Berikut batas Kabupaten Donggala:

Sebelah Utara berbatasan dengan Teluk Tomini dan Provinsi Sulawesi Utara.

Sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Parigi Moutong.

Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Tojo Una-una dan Kabupaten Morowali.

Kabupaten Donggala  memiliki luas 5.275,69 km². Pada 2020, penduduk di Kabupaten Donggala berkisar 304.110 jiwa. Perlu diketahui bahwa Donggala merupakan kabupaten terluas ketujuh. Di samping itu menjadi kabupaten terpadat ke-4 di Sulawesi Tengah. Kabupaten Donggala terdiri dari 16 Kecamatan dan 166 Desa/Kelurahan.  

Artikel kali ini, menyajikan kepada Anda objek wisata di Donggala, yang kiranya menjadi pertimbangan untuk dikunjungi. Apa saja destinasi wisata dimaksud?

15 Objek Wisata di Donggala yang Keren

  1. Hutan Mangrove
  2. Wisata Alam Air Terjun Loli Tasiburi
  3. Danau Talaga
  4. Pulau Pasoso
  5. Pusentasi
  6. Pantai Tanjung Karang
  7. Pantai Kaluku
  8. Pantai Hayalan
  9. Pantai Boneoge
  10. Pantai Labuana
  11. Pantai Sivalenta
  12. Pantai Bonebula
  13. Pantai Enu
  14. Pantai Bambarano
  15. Pantai Tambu

Dari 15 objek wisata di Donggala tersebut memang didominasi pantai.

Hutan Mangrove

wisata hutan mangrove donggala
Wisata Hutan Mangrove, Donggala. Sumber gambar: instagram andis87

Urutan pertama objek wisata di Donggala yang patut Anda kunjungi adalah Hutan Mangrove. Awalnya, Hutan Mangrove di Donggala ini tampak terabaikan. Akan tetapi, melalui swadaya masyarakat setempat, akhirnya tempat ini dijadikan wisata—yang sekarang menjadi populer di kalangan wisatawan lokal.

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat ini, tidak memerlukan waktu yang lama. Paling tidak menghabiskan waktu 1 jam dari Kota Palu. Tiket masuk pun sangat murah, yaitu Rp5.000 per orang.

Lokasi: Kabonga Besar, Banawa, Donggala Sulawesi Tengah.

Tiket masuk: Rp5.000

Wisata Alam Air Terjun Loli Tasiburi

Seperti objek wisata di Banggai , yang terdapat air terjun, Donggala pun ada wisata alam air terjun Loli Tasiburi. Objek wisata di Donggala yang satu ini menyediakan air terjun alam setinggi kurang lebih 12 meter.  

Apabila Anda pegiat panjat tebing, di lokasi ini juga terdapat panjat tebing alami. Bukan hanya itu, di sini juga tersedia kolam renang.

Untuk sampai ke tempat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit dari Kota Palu. Tiket masuk tidak merobek kantong, yakni Rp4.000 saja.

Lokasi: Loli Tasiburi, Dusun IV, Loto, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala.

Danau Talaga

Wisata Danau Talaga. Sumber gambar: Sultengtv.com

Setiap saya pulang kampung dari Kota Palu, pasti melewati Danau Talaga ini. Danau yang terletak di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas ini memang cukup luas.  Dari Kota Palu berjarak kurang lebih 150 Km atau dengan menempuh menggunakan kendaraan darat kurang lebih 3-4 jam.

Lokasi: Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala.

Tiket: –

Pulau Pasoso

Pulau Pasoso. Sumber gambar: traveldetik.com

Pulau Pasoso merupakan salah satu Suaka Margasatwa di Sulawesi Tengah. Pulau Pasoso  memiliki tipe ekosistem perairan laut, pantai, mangrove, rawa, hingga hutan dataran rendah. Sebagai suaka margasatwa, kawasan ini menjadi kawasan konservasi bahari—panangkaran habitat penyu yang memiliki luas kurang lebih 200 hektar.

Untuk sampai ke Pulau Pasoso, dari Kota Palu menggunakan transportasi mobil atau motor hingga sampai di Malei, Balaesang Tanjung dengan waktu tempuh kurang lebih 3 hingga 4 jam.

Dari Malei dilanjutkan menuju Desa Ketong atau Desa Manimbaya dengan transportasi darat, lalu dilanjutkan dengan perahu motor sampai di Pulau Pasoso membutuhkan waktu kurang lebih 1-1,5 jam.

Lokasi: Kecamatan Balaesang Tanjung, Donggala.

Tiket: –

Pusentasi

Pusentasi. Sumber gambar: wisataoky.com

Dalam artikel objek wisata di Sulawesi Tengah saya sudah menuliskan bahwa salah satu destinasi wisata di Sulteng adalah Pusentasi.  Objek wisata di Donggala ini cukup populer bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga hingga mancanegara.

Tempat wisata satu ini memang sangat unik, karena berbentuk sumur dan memiliki air cukup jernih dan bersih. Dari Kota Palu, Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih satu setengah jam lamanya dengan menggunakan kendaraan darat.

Lokasi: Dusun Simbe, Kelurahan Kola-kola, Kecamatan Banawa Tengah, Donggala.

Tiket: –

Pantai Tanjung Karang

Tanjung Karang, Donggala. Sumber gambar: celebes.co

Tempat wisata satu ini memang cukup populer sama seperti Pusentasi. Menurut data Pariwisata Sulteng , wisatawan mancanegara khususnya dari Eropa dan Australia. Setiap tahunnya.

Dari Kota Palu, cukup menggunakan kendaraan mobil atau motor, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam lamanya. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan indahnya Pantai Tanjung Karang.

Pilihan lain adalah, Anda menginap di sekitar Pantai Tanjung Karang, karena di pantai ini tersedia beberapa villa untuk pengunjung.

Lokasi: Desa Labuan Bajo, Donggala.

Tiket masuk: Rp10.000 per orang.

Pantai Kaluku

Salah satu spot foto di Pantai Kaluku, Donggala. Sumber gambar: Instagram/@like_donggala

Tulisan “Aku sayang kamu”,–akan Anda temui ketika berkunjung ke Pantai Kaluku—yang tertulis sangat apik di papan dan tertempel di pohon kelapa. Kalimat-kalimat lain yang menyentuh hati para jomblowan dan jomlowati juga berhamburan di sana.

Objek wisata di Donggala yang satu ini menjadi viral, ketika beberapa orang yang berkunjung ke sana, lalu dibagikan melalui media sosial. Hasilnya, banyak para remaja, dewasa, hingga orang tua berkunjung ke Pantai Kaluku ini.

Pantai Kaluku menawarkan garis pantai yang bersih dan putih serta air laut yang biru tak menampakkan sampah.

Dari Kota Palu, perkiraan waktu tempuh sampai ke Pantai Kaluku berkisar satu setengah jam dengan menggunakan transportasi darat.

Lokasi: Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Donggala.

Tiket: Rp10.000

Pantai Hayalan

Pantai Hayalan, Donggala. Sumber gambar: Facebook Pantai Hayalan

Masih jarang yang mengetahui keindahan Pantai Hayalan ini ketika senja menjemput. Tempat wisata satu ini cocok untuk Anda sebagai fotografer—apalagi di sore hari.

Lokasi: Desa Salubomba, Kecamatan Banawa Tengah, Donggala.

Tiket:  –

Pantai Boneoge

Pantai yang cantik dan bersih bukan hanya terdapat di Tolitoli , tapi juga di Donggala dengan Pantai Boneoge. Pantai yang hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit dari Kota Palu ini juga terkenal dengan pasirnya yang putih.

Pantai ini terkenal dengan pemandangan sunset dan sunrise yang memukau. Di samping itu, di tempat wisata ini juga cocok dibuat tempat olahraga air dan voli pantai.

Lokasi: Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala.

Tiket: –

Pantai Labuana

Pantai Labuana. Sumber gambar: instagram @zulkiflymanoppo

Donggala memang seolah tak terbatas objek wisata pantainya. Pantai Labuana, misalnya—adalah pantai yang cukup indah dan memukau para pengunjungnya.

Pantai Labuana terletak di Desa Lende Tovea, Kecamatan Sirenja, Donggala. Apabila Anda ingin ke Pantai Labuana ini, hanya berjarak kurang lebih 100 kilometer dari Kota Palu.

Anda bisa menggunakan transportasi darat berupa mobil atau motor. Perjalanan melalui darat dapat ditempuh kurang lebih 2 jam lamanya.

Keunggulan Pantai Labuana adalah suguhan pemandangan yang unik dan indah. Terpampang pasir putih serta batu karang. Di samping itu, terdapat pula dermaga sepanjang kurang lebih 50 meter. Dermaga ini menjadi tempat favorit para pecinta foto selfi.

Lokasi: Desa Lende Tovea, Kecamatan Sirenja, Donggala

Tiket: –

Pantai Sivalenta

Satu lagi Pantai yang menarik untuk dikunjungi di Kecamatan Sirenja, yaitu Pantai Sivalenta. Pantai yang terletak di Desa Lampio, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala ini juga banyak dikunjungi wisatawan lokal ketika weekend tiba.

Dari Kota Palu, hanya berkisar 77 kilometer saja yang dapat menggunakan transportasi darat. biaya masuk untuk keperluan parkir hanya Rp5.000 saja.

Lokasi:  Desa Lampio, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala

Tiket: Rp5.000

Pantai Bonebula

Suasana sunset Pantai Bonebula. Sumber gambar: paluposo.kumparan

Di Pantai Bonebula juga bisa melakukan snorkling. Pantai ini menyediakan kekayaan yang luar biasa berupa ikan berwarna-warni hingga terumbu karang yang tumbu secara alami.

Seperti pantai lainnya, Pantai Bonebula juga menyuguhkan pasir putih. Ditambah lagi banyaknya pepohonan yang ada di tepian pantai.

Dari Kota Palu, memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 setengah jam, dengan jarak kurang lebih 40 kilometer.  

Lokasi: Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala.

Tiket: –

Pantai Enu

Beberapa kali saya berkunjung ke objek wisata di Donggala yang satu ini. Bahkan pernah juga menginap di tepi pantai dengan menggunakan tenda domne bersama rekan-rekan sewaktu masih mahasiswa. Pantai Enu memang sangat memukau dan memanjakan mata.

Pantai yang terletak di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala ini menawarkan pasirnya yang putih, airnya yang biru, serta bersih.

Untuk sampai ke tempat ini menggunakan transportasi darat berupa mobil atau motor. Jarak dari Kota Palu kurang lebih 50 kilometer.

Lokasi: Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala

Tiket: –

Pantai Bambarano

pantai bambarano salah satu tempat wisata di donggala
Pantai Bambarano. Sumber gambar: dokpri

Dalam artikel objek wisata di Sulawesi Tengah, saya juga telah memuat salah satu objek wisata di Donggala ini. Adalah Pantai Bambarano yang berjarak kurang lebih 114 kilometer dari Kota Palu.

Airnya bersih dan pasir putih menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengujung.

Lokasi: Desa Sabang, Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala

Tiket: Rp2.000

Pantai Tambu

Sunset di tempat wisata Pantai Tambu. Sumber gambar: pantainesia.com

Objek wisata di Donggala terakhir adalah Pantai Tambu. Seperti wisata pantai lainnya, waktu yang cocok untuk ke Pantai Tambu adalah pagi hari untuk menikmati sunrise. Sore hari untuk menikmati sunset.

Pantai Tambu berjarak kurang lebih 100 kilometer dari Kota Palu dengan waktu tempuh berkisar 2 jam lamanya.

Lokasi: Desa Tambu, Kecamatan Balaesang, Donggala

Tiket: –

Penutup

Sebagaimana yang disuguhkan di atas bahwa, objek wisata di Donggala didominasi wisata alam pantai. Karena memang, Kabupaten Donggala merupakan wilayah pesisir. Dengan menyuruhkan pantai yang biru bersih dan pasir yang putih nan elok, wisata pantai di Donggala tak kalah dengan objek wisata di Jogja .

Jadi, siapkah Anda mengunjungi seluruh atau sebagian objek wisata di Donggala? Jika siap, selamat menikmati!

Demikian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

top
%d blogger menyukai ini: