Lompat ke konten

Super Keren, Ini 8 Tempat Wisata Parigi Moutong

Last Updated: 26 Feb 2022, 10:25 pm

Bacaan 6 menit
objek wisata parimo pantai kucing

Sebagai salah satu Kabupaten di Sulawesi Tengah posisi Parigi Moutong merupakan Lintas Segi Tiga Emas Sulawesi. Mengapa demikian? Karena Parigi Moutong (Parimo) menghubungkan Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Posisi itu kemudian membawa Parimo sangat strategis serta potensial dalam pengembangan objek wisata. Melalui keistimewaan itu, artikel ini ditulis—yang membahas tentang tempat wisata Parigi Moutong, yang kiranya dapat menjadi referensi Anda ketika berkunjung ke daerah ini.

Gambaran Ringkas Parigi Moutong

Berdasarkan posisi geografisnya , Kabupaten Parigi Moutong memiliki batas-batas sebagai berikut:

Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Buol, Kabupaten Tolitoli, dan Provinsi Gorontalo.

Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.

Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Donggala dan Kota Palu

Sebelah Timur berbatasan langsung dengan Teluk Tomini.

Parigi Moutong memiliki kecamatan sebanyak 23, yang terdapat begitu banyak tempat wisata. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Parigi Moutong, jumlah kunjungan wisatawan sepanjang 2019 fluktuatif[1]. Akan tetapi, rata-rata kunjungan wisatawan ke Parimo adalah 823—baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

8 Tempat Wisata Parigi Moutong

  1. Rumah Raja Tombolotutu
  2. Tebing Alam Likunggavali
  3. Air Terjun Ogomojolo
  4. Pulau Kelelawar
  5. Teluk Tomini
  6. Pantai Purwosari
  7. Pantai Tumpapa
  8. Pantai Kucing

Sebenarnya begitu banyak tempat wisata Parigi Moutong. Namun, dalam artikel ini hanya memuat objek wisata yang paling populer atau banyak dikunjungi wisatawan. Apa saja tempat wisata Parigi Moutong dimaksud?

1. Rumah Raja Tombolotutu

Seperti Wisata di Kota Palu yang terdapat tempat religi dan sejarah, Parigi Moutong pun demikian. Salah satunya adalah Rumah Raja Tombolotutu.

Rumah Raja Tombolotutu ini dapat dijumpai di Kecamatan Tinombo, sekitar 160 kilometer dari Kota Parigi. Raja Tombolotutu yang bergelar Pua Darawati itu, pernah menerima tahta kerajaan Moutong pada 1877 di usia 20 tahun. Situs sejarah ini berada persis di depan lintasan jalan Trans Sulawesi, sehingga mudah dijangkau. Di dalam bangunan situs ini terdapat 2 buah senjata meriam peninggalan Raja, foto dokumentasi, perlengkapan rumah tangga dan beberapa pakaian kerajaan[2].

Nama: Rumah Raja Tombolotutu

Jenis: Wisata Sejarah

Lokasi: jalan Trans Sulawesi, Tomini, Kecamatan Tomini, Parigi Moutong.

Tiket: –

2. Tebing Alam Likunggavali

wisata alam tebing likunggavali
Wisata alam Tebing Likunggavali. Sumber gambar FPTI

Beberapa kali saya mengunjungi bahkan pernah mencoba memanjat tebing alam satu ini. Adalah Tebing Likunggavali, yang memiliki ketinggian tebing mencapai kurang lebih 80 meter.

Letak Tebing Likunggavali ini di Desa Uwevolo sekitar sekitar 80 kilometer di sebelah timur Kota Palu atau sekitar 22 Kilometer dari Kota Parigi.

Untuk mencapai lokasi ini, cukup menggunakan sepeda motor atau mobil. Lokasinya masih alami, dan sering digunakan untuk olahraga panjat tebing.

Nama: Tebing Likunggavali

Jenis: Wisata Alam

Lokasi: Desa Uwevolo, Parigi Moutong

Penginapan: terdapat penginapan terdekat.

Tiket: –

3. Air Terjun Ogomojolo

Tempat wisata Parigi Moutong lainnya adalah Air Terjun Ogomojolo yang terletak di Desa Ogomojolo, Palasa Lambori, Palasa. Baru sekali saya ke tempat wisata air terjun ini. Pemandangannya lumayan bagus. Ramai dikunjungi pada saat weekend, atau hari libur.

Nama: Air Terjun Ogomojolo

Jenis: Wisata Alam

Lokasi: Desa Ogomojolo, Kecamatan Palasa, Parigi Moutong

Penginapan: terdapat tempat penginapan terdekat

Tiket: Rp10.000

4. Pulau Kelelawar

tempat wisata parigi moutong pulau kelelawar
Pulau Kelelawar. Sumber gambar: yuccastory.wordpress.com

Apa yang Anda pikirkan dari nama “Pulau Kelelawar?” apakah di benak terbayang ratusan bahkan ribuan kelelawar? Iya, benar saja. Pulau Kelelawar terdapat habitat kelelawar yang terdapat 3 warna: cokelat, kuning, dan hitam. Menarik, bukan?

Tentu saja menarik, olehnya ditulis dalam artikel ini. Untuk sampai ke tempat wisata Parigi Moutong satu ini harus menempuh dengan transportasi darat. berjarak kurang lebih 60-an kilometer dari Kota Parigi. Dari lokasi terdekat, kemudian melanjutkan dengan menggunakan perahu motor. Memerlukan waktu kurang lebih 10 menit.

Nama: Pulau Kelelawar

Jenis: Wisata Alam

Lokasi: Desa Tomoli, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Penginapan: terdapat penginapan terdekat.

Tiket: Rp10.000

5. Teluk Tomini

Teluk Tomini. Sumber gambar: kumparan.com

Sekarang, kita beralih ke pariwisata berupa pantai. Tempat wisata Parigi Moutong paling populer adalah Teluk Tomini.

Tahukah Anda bahwa Teluk Tomini merupakan teluk terluas di Indonesia? Ya, Teluk Tomini membentang di 13 kabupaten yang meliputi tiga provinsi, yaitu Provinsi Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Provinsi Sulawesi Utara. Luas perairan kurang lebih 137.700 km2 (kilometer persegi), dan garis pantai sepanjang ± 1.350 kilometer. Keren, bukan?

Seperti objek wisata di Donggala —yang terdapat banyak pantai, di Teluk Tomini, Anda juga dapat melakukan snorkling serta diving. Terumbu karang yang tumbuh serta memancarkan keindahan dapat Anda nikmati di tempat wisata satu ini.

Nama: Teluk Tomini

Jenis: Wisata Alam

Lokasi: Dongkas, Kec. Tinombo, Kab. Parigi Moutong.

Penginapan: terdapat penginapan terdekat

Tiket: –

6. Pantai Purwosari

Jangan mengira pantai ini terletak di Pulau Jawa. Bukan! Pantai Purwosari terletak di Desa Purwosari. Untuk sampai ke tempat wisata satu ini menggunakan transportasi darat. Menggunakan motor atau mobil dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit, karena hanya berjarak 24 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Parimo.

Selain dapat menikmati panorama alam, Pantai ini juga biasa digunakan untuk tempat Melasti—kegiatan sakral Umat Hindu.

Nama: Pantai Purwosari

Jenis: Wisata Alam

Lokasi: Desa Purwosari, Kecamatan Torue, Parigi Moutong.

Penginapan: banyak tempat penginapan terdekat

Tiket: –

7. Pantai Tumpapa

tempat wisata pantai tumpapa
Pantai Tumpapa. Sumber gambar: pariwisataku.com

Pantai Tumpapa juga merupakan tempat wisata Parigi Moutong yang super keren.

Anda hanya membutuhkan waktu dua setengah jam perjalanan darat untuk sampai ke Pantai Tumpapa ini. Berjarak kurang lebih 150 kilometer dari Kota Palu tak akan merugi, karena setiba di Pantai Tumpapa, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang cantik.

Di samping itu, Anda akan melihat hutan bakau serta satwa liar di sekitar Pantai. Pasirnya yang putih dan air kebiruan membuat Anda akan tetap bertahan dalam waktu yang lama.

Nama: Pantai Tumpapa

Jenis: Wisata Alam.

Lokasi: Desa Malakosa, Kecamatan Balinggi, Kabupaten Parigi Moutong.

Penginapan: terdapat penginapan terdekat

Tiket: –

8. Pantai Kucing

objek wisata parimo pantai kucing
Pantai Kucing. Sumber gambar: Syauqi Marz

Tempat wisata Parigi Moutung terakhir yang keren menurut saya adalah Pantai Kucing.

Saya meyakini, Anda akan betah berlama-lama ketika berada di Pantai Kucing pada sore hari. Pantai Kucing berhadapan langsung dengan Teluk Tomini, sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Kucing ini pantainya sama dengan tempat wisata di Tolitoli , yang menyuguhkan pasir putih dan terumbu karang. Artinya, di Pantai kucing Anda bisa diving, sehingga bisa menikmati pemandangan bawah laut.

Nama: Pantai Kucing

Jenis: Wisata Alam

Lokasi: Desa Tandaigi, Kecamatan Siniu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Penginapan: terdapat penginapan

Tiket: –

Penutup

Daerah-daerah di Sulawesi Tengah—termasuk Parigi Moutong terdapat banyak objek wisata. Hanya saja belum maksimal dikembangkan oleh pemerintah setempat. Berbeda dengan objek wisata di Jogja , yang seolah tak terhingga jumlahnya.

Namun demikian, keindahan tempat wisata Parigi Moutong tak kalah dengan tempat wisata lainnya. Terbukti, peningkatan wisatawan ke daerah ini semakin meningkat.

Demikian. Semoga bermanfaat.


[1] Lihat lebih lengkap di: https://web.archive.org/web/20170927000300/https://parigimoutongkab.bps.go.id/index.php/publikasi/110., hlm., 211.

[2] Lihat lebih lengkap di: Situsweb parigimoutongkab.go.id, (diakses tanggal 30 Januari 2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

top
%d blogger menyukai ini: