20 Tempat Wisata di Kota Palu Murah Meriah

suasana pantai taipa9

Salah satu sektor unggulan Sulawesi Tengah adalah pariwisata. Sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, tempat wisata di Kota Palu terdiri beberapa jenis. Antara lain wisata religi, sejarah, kuliner, budaya, hingga wisata alam.

Kota Palu berbatasan langsung dengan Kabupaten Donggala untuk sebelah Utara dan Barat. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Sigi. Sementara Timur berbatasan dengan Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong.

Menurut Data BPS Kota Palu, jumlah penduduk Bumi Tadulako pada bulan September 2020 sebesar 373.218 jiwa. Angka ini selaras dengan hasil penghitungan jumlah penduduk yang dilakukan oleh Ditjen Dukcapil kondisi Desember 2020 sebanyak 372.113 jiwa.

Mengutip dari laman Palukota.go.id, letak Kota Palu berbentuk memanjang dari timur ke barat terdiri dari dataran rendah, bergelombang dan dataran tinggi. Berdasarkan topografinya, wilayah Kota Palu dapat dibagi menjadi 3 zona ketinggian:

Pertama, sebagian kawasan bagian barat sisi timur memanjang dari arah utara ke selatan, bagian timur ke arah utara dan bagian utara sisi barat memanjang dari utara ke selatan merupakan dataran rendah/pantai dengan ketinggian antara 0–100 m di atas permukaan laut.

Kedua, kawasan bagian barat sisi barat dan selatan, kawasan bagian timur ke arah selatan dan bagian utara ke arah timur dengan ketinggian antara 100–500 m di atas permukaan laut. Ketiga, kawasan pegunungan dengan ketinggian lebih dari 500 m di atas permukaan laut.

Selama kurang lebih 8 tahun saya menghabiskan waktu di Kota Palu ini. Mulai dari tahun 2007—masa kuliah, hingga pasca kuliah 2014. Saya menemukan begitu banyak tempat wisata di Kota Palu ini. Sehingga, dalam artikel Objek Wisata di Sulawesi Tengah yang saya tulis beberapa waktu lalu, salah satunya berada di Kota Palu.

Artikel kali ini, lebih spesifik mengungkap tempat wisata di Kota Palu, yang menurut saya menarik untuk dikunjungi serta murah meriah.

20 Tempat Wisata di Kota Palu yang Murah Meriah.

  1. Wisata Religi Dato Karama
  2. Wisata Religi Sis Aljufri
  3. Gedung Juang
  4. Istana Raja Palu
  5. Uta Kelo, Duo Sole
  6. Kaki Lembu Donggala (Kaledo)
  7. Bonua Oge
  8. Monumen Nosarara Nosabatutu
  9. Pantai Talise
  10. Tugu Gerhana Matahari
  11. Pantai Taman Ria/Anjungan Nusantara
  12. Jembatan Melengkung
  13. Taman Gor
  14. Lapangan Vatulemo
  15. Pantai Taipa
  16. Taman Hutan Rakyat (Tahura) Kapopo
  17. Pantai Pantoloan
  18. Talaga Sibili Pantoloan
  19. Hutan Kota Palu
  20. Gunung Gawalise

Mari kita bahas satu persatu tempat wisata di Kota Palu ini.

1. Wisata Religi Dato Karama

wisata religi datokarama kota palu
Wisata Religi Dato Karama, Palu. Sumber gambar: Facebook Tasmen Jen

Tempat wisata di Kota Palu urutan pertama adalah wisata religi. Mengutip dari Situs Pemerintah Kota Palu,  Wisata Religis Dato Karama—sebagai penyebar Islam di Bumi Tadulako. Menurut situs Kota Palu, Datuk Karama atau Syekh Abdullah Raqie adalah seorang ulama Minangkabau yang pertama kali menyebarkan agama Islam ke Tanah Kaili ini pada abad ke-17.

Ketika wafat, Datuk Karama dimakamkan di Kampung Lere. Kini, makam Syekh Abdullah Raqie atau Datuk Karama kemudian hari menjadi Kompleks Makam Dato Karama, dan menjadi tempat wisata religi.

2. Wisata Religi Sis Aljufri

wisata religi sis aljufri kota palu
Wisata Religi Pendiri Alkhairaat, di Kota Palu. Sumber gambar: Kumparan.com

Masih menurut situs Palukota.go.id, di Kota Palu terdapat kawasan yang memiliki luas lebih kurang 1 hektare. Di sini,  terdapat lembaga pendidikan Islam seperti Alkhairaat, Masjid AlKhairaat, makam Guru Tua, hotel, toko perlengkapan baju muslim dan muslimat, toko buku, toko oleh-oleh, dan sebagainya.

Tempat ini kemudian bisa menjadi wisata religi karena hampir setiap tahun usai perayaan Hari Raya Idul Fitri, tepatnya pada 12 Syawal tahun Hijiriyah, atau 12 hari setelah lebaran, Pengurus Besar (PB) AlKhairaat melaksanakan haul pendiri AlKhairaat, Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri, atau biasa disebut Guru Tua (Guru Tua adalah ulama yang juga memiliki sebutan Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri, lahir di Taris, Hadramaut, Yaman pada 15 Maret 1892. Ia dikenal sebagai tokoh ulama yang berjasa menyebarkan agama Islam di Sulawesi Tengah).

3. Gedung Juang

tempat wisata gedung juang kota palu
Gedung Juang, Kota Palu. Sumber gambar: Kabarselebes.id

Bukan hanya di Jakarta saja yang ada Gedung Juang. Di Kota Palu pun ada. Gedung yang berada di jalan Cempaka, Kelurahan Lolu Utara, Kota Palu ini, kali pertama dibangun bulan November 1905. Kemudian dilakukan serah terima kedaulatan dari Belanda kepada rakyat pada 16 Mei 1950.

Di Gedung Juang, kita bisa melihat foto-foto kolonial Belanda yang dulunya menghuni tempat ini serta gambaran Kota Palu pada 1930-an. Bukan hanya itu, barang-barang peninggalan Belanda pun masih tersimpan dalam Gedung Juang ini.

4. Istana Raja Palu

Istana Raja Palu atau biasa disebut Sou Raja sisa bangunan peninggalan Kerajaan Palu. Sejak pertama kali berdiri pada abad ke-19 Masehi, Istana Raja Palu ditempati oleh Raja-raja Palu dan keluarganya silih berganti oleh keluarganya. Kepemilikan bangunan ini pun berlaku secara turun-temurun.

Bangunan ini kemudian dijadikan cagar alam yang dijaga kelestariannya oleh pemerintah.

5. Kuliner Uta Kelo

Ini adalah wisata kuliner. Di Palu, selain menelusuri wisata religi, Anda juga bisa melakukan wisata kuliner. Salah satunya adalah Uta Kelo. Kuliner ini menjadi salah satu primadona dan makanan khas masyarakat Kota Palu.

Apabila Anda ke Kota Palu, cobalah mencicipi makanan yang enak hampir di setiap lidah manusia.

6. Kuliner Kaki Lembu Donggala  (Kaledo)

wisata kuliner kaledo kota palu
Menu Kaledo. Sumber gambar: Wikipedia.org

Pepatah mengatakan belum menginjakkan kaki di Kota Palu sebelum mencicipi makanan khas satu ini. Wisata kuliner lainnya ada Kaledo. Kaledo adalah singkatan dari Kaki Lembu Donggala.

Kaledo terbuat dari kaki sapi atau lembu—di dalamnya terdapat sumsum tulang. Makanan yang hampir sama dengan sop buntut ini punya rasa khas tersendiri. Ada rasa asam yang dipadukan dengan jeruk nipis sangat terasa di lidah.

Maka tak heran banyak masyarakat yang dari luar Kota Palu ketagihan dengan makanan satu ini. Sangat banyak manfaat bagi tubuh.

7. Monumen Nosarara Nosabatutu

objek wisata kota palu nosarara nosabatutu
Monumen Nosarara Nosabatutu. Sumber gambar: Kabarselebes.id

Pada artikel Objek Wisata di Sulawesi Tengah, saya sudah menuliskan salah satu tempat wisata di Kota Palu ini. Adalah Tugu Perdamaian atau Monumen Nosarara Nosabatutu.

Dalam artikel tersebut saya mengatakan bahwa Tugu ini terletak di perbukitan Kelurahan Tondo, Kota Palu. Bangunannya berlantai tiga dengan luas lahan kurang lebih 800 meter persegi.

Selain merasakan wisata kuliner di atas, rasanya belum lengkap apabila Anda tidak mengunjungi tempat wisata yang menjadi primadona warga Palu ini.

8. Pantai Talise

tempat wisata di kota palu pantai talise
Potret Pantai Talise, Kota Palu. Sumber gambar: rekreasialam.co.id

Salah satu tempat wisata di Kota Palu adalah Pantai Talise. Di bibir pantai ini sering kita jumpai masyarakat yang memancing.

Pada sore hari, bisa menikmati indahnya sunset. Anda juga bisa menjelajahi bibir pantai Talise ini hingga arah utara menuju Kampung Nelayan. Pantai Talise berada di Kelurahan Talise.

Karena begitu dekat dari pusat kota, Anda hanya memerlukan waktu tempuh 15 menit dari Bandara Sis Aljufri, Palu.

9. Tugu Gerhana Matahari

tugu-gerhana-matahari-kota-palu
Tugu Gerhana Matahari. Sumber gambar:  Instagram @nandito_tou

Tugu Gerhana Matahari Total ini dibangun tahun 2016. Namun, pada 2018, terjadi bencana gempa dan tsunami. Akibatnya, banyak rumah yang rusak termasuk beberapa tempat wisata.

Ajaibnya, tugu gerhana matahari total ini tidak mengalami kerusakan yang berarti. Masih kokoh berdiri.

10. Pantai Taman Ria

masjid terapung yang berada di sekitar taman ria
Masjid Terapung yang ada di sekitar Taman Ria. Namun, Masjid ini telah rusak dihantam tsunami. Sumber gambar: Diskominfo Palu

Pantai taman ria ini masih selurusan dengan Pantai Talise. Dahulu, di tempat ini begitu banyak cafe yang berdiri menjajakan aneka makanan dan minuman.

Tidak sedikit masyarakat Kota Palu untuk bersantai di Taman Ria ini, khususnya pada sore hari. Bukan hanya anak muda yang berkunjung, tetapi juga orang tua, pun anak-anak.

Loading...

Saat ini, lokasi ini dijadikan jalur hijau oleh Pemkot Palu.

11. Anjungan Nusantara

anjungan nusantara
Anjungan Nusantara. Sumber gambar: pusatinfowisata26.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Kota Palu yang menarik dikunjungi di Taman Ria adalah Anjungan Nusantara. Pada saat bencana alam tsunami tahun 2018, lokasi ini juga ikut diterjang ganasnya tsunami.

Pada waktu weekend, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Begitu pun sore hari. Cocok untuk melepas penat bersama keluarga juga teman.

12. Jembatan Melengkung

jembatan kuning kota palu
Jembatan IV sebelum bencana. Sumber gambar: Instagram.com/abay_banua

Salah satu ikon Kota Palu adalah jembatan melengkung atau yang disebut Jembatan IV. Pasca gempa bumi dan tsunami 2018 lalu, jembatan ini roboh.

Jembatan ini menjadi primadona sebelum bencana alam melanda. Menariknya, jembatan ini menghubungkan antara Palu Timur dan Palu Barat.

13. Taman Gor

taman gor kota palu
Taman Gor Kota Palu. Sumber gambar: Sultengnews.com

Taman Gor Kota Palu—sebagai ruang terbuka hijau—menjadi satu tempat wisata di Kota Palu yang menarik dikunjungi. Di tempat ini, banyak aktivitas dilakukan, misalnya tempat bersantai juga ada tempat olahraga.

Letak taman ini berada tepat di seberang jalan DPRD Kota Palu. Sangat strategis dan mudah dijangkau.

Di taman Gor juga disediakan banyak aneka makanan dan minuman. Jadi, tak perlu khawatir ketika lapar atau haus menerjang Anda.

14. Lapangan Vatulemo

lapangan vatulemo kota palu
Lapangan Vatulemo. Sumber gambar: promoliburan.com

Selain tempat favorit untuk berolahraga, Lapangan Vatulemo dijadikan tempat rekreasi warga. Apalagi ketika weekend, tempat ini sebagai sarana car free day. Pada sore hari, dijadikan tempat bersantai bagi kawula muda.

Lapangan Vatulemo berlokasi di Jalan Balai Kota, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

15. Pantai Taipa

salah satu tempat wisata di kota palu pantai taipa
Pantai Taipa. Sumber gambar: Instagram @brendybrendot

Sewaktu ke tempat ini, saya terpesona, karena baru mengetahui ada Pantai yang tak kalah indah di Kota Palu. Orang-orang biasanya menyebut pantai ini dengan Taipa Beach.

Pantai Taipa berjarak kurang lebih 20 kilometer ke arah utara Kota Palu. Apabila Anda dari Pusat Kota Palu, hanya memakan waktu kira-kira tiga puluh menit saja.

Seperti tempat wisata di Tolitoli, Pantai Taipa juga memiliki pasir yang putih. Cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga atau teman.

16. Wisata Alam Kapopo

taman hutan rakyat kapopo
Pintu gerbang Tahura, Kapopo. Sumber gambar: biraliperkara.com

Di Kota Palu, ada namnya Taman Hutan Raya (Tahura). Di dalam Tahura ini ada objek wisata alam Kapopo. Pada 1990, lokasi ini dijadikan tempta Puncak Penghijauan Nasional (PPN) XXX.

Secara administrasi, sebenarnya Tahura ini berada di Desa Ngata Baru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Akan tetapi, sangat dekat dari Pusat Kota Palu, karena hanya menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit saja.

17. Pantai Pantoloan

tempat wisata pantai pantoloan
Suasana senja di Pantai Pantoloan. Sumber gambar: Twitter @edo_vandals

Pantoloan bukan hanya dikenal sebagai penghubung antar pulau karena terdapat Pelabuhan Pantoloan di sana. Tapi, keindahan pantai apalagi di waktu senja pun menjadi daya tarik tersendiri.

Hanya berjarak kurang lebih 20 menit dari pusat Kota Palu dengan menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Anda bisa menikmati keindahan pantai ini di sore hari.

18. Talaga Sibili Pantoloan

objek wisata talaga silibi pantoloan
Salah satu spot foto di Talaga Sibili, Pantoloan. Sumber gambar: flickr, Irah Raka

Bukan hanya pantai yang menarik untuk dikunjungi di Pantoloan. Tapi ada juga Talaga Sibili. Sewaktu saya ke tempat ini, belum sepopuler dan seindah saat ini.

Untuk sampai di Talaga Sibili, Anda dapat mengendarai roda dua atau roda 4. Berjarak kurang lebih 25 kilometer dari Kota Palu.

19. Hutan Kota Palu

tempat wisata taman hutan kota palu
Taman Hutan Kota Palu. Sumber gambar: Metrosulawesi

Hutan Kota ini biasa disebut Hutan Kota Kaombona, yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat Kota Palu.

Di salah satu tempat wisata di Kota Palu ini, Anda akan menemukan masyarakat yang menyewakan pakaian ala Korea.

Begitu banyak spot foto yang instagramble yang bisa dijumpai di Taman Kota ini. Misalnya di tempat sekumpulan kaktus.

20. Gunung Gawalise

batu gantung gunung gawalise
Salah satu spot foto di Gunung Gawalise adalah di Batu Gantung. Sumber gambar: mywisataalam.wordpress.com

Entah berapa kali saya sudah sampai di Puncak Gunung Gawalise ini. Letak Gunung Gawalise berada di sisi Barat Kota Palu. Seingat saya, tinggi gunung ini mencapai 2023 meter dari permukaan laut (MDPL).

Butuh perjuangan memang untuk sampai ke puncaknya. Karena jalurnya sangat terjal. Akan tetapi, saya meyakini Anda tidak akan menyesal menapaki gunung Gawalise karena saat Anda berbalik, pemandangan Kota Palu begitu indah. Pemandangan sungguh eksotis.

Apalagi ketika Anda berada di Batu Gantung. Jadi, tempat favorit para pendaki di gunung ini adalah Batu Gantung. di Batu Gantung ini nyaris seluruh Kota Palu terlihat.

Bagaimana cara sampai ke sini? Bisa menggunakan sepeda motor, bisa juga dengan mobil. Anda akan berhenti di pemukiman warga, kemudian bersiap menjajaki jalur-jalur ekstrim namun menggembirakan.

Dari Kota Palu, hanya menghabiskan waktu kira-kira 15 menit saja.  

Penutup

Begitu banyak tempat wisata di Kota Palu yang dapat Anda kunjungi. Baik bersama keluarga, teman, atau pun pacar.

Dengan banyaknya objek wisata tersebut, hanya Gunung Gawalise yang membutuhkan waktu, tenaga, serta dana yang mumpuni. Selebihnya, Anda dapat bersenang-senang di baliknya.

Demikian artikel tempat wisata di Kota Palu ini dibuat. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan