Lompat ke konten

5 Tokoh Dunia Paling Terkenal Bergelar Hukum

Bacaan 6 menit

Last Updated: 24 Mar 2022, 08:50 pm

5 tokoh dunia paling terkenal berlatar hukum
Ilustrasi.

Begitu banyak tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum. Bukan hanya aktris, tetapi juga ada mantan Presiden. Hal ini membuktikan dunia hukum begitu populer untuk semua kalangan.

Artikel ini hendak memaparkan setidaknya terdapat 5 tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum, dengan mengutip dari beberapa sumber. Siapa saja kelima tokoh dimaksud? Simak ulasannya!

5 Tokoh Dunia Paling Terkenal Bergelar Hukum

Lima tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum ini disajikan mulai dari Mahatma Gandhi hingga Hillary Clinton. Di samping itu, juga mengutip beberapa quotes hukum para tokoh dunia di bawah ini.

1. Mahatma Gandhi

mahatma gandhi toko paling terkenal bergelar hukum
Mahatma Gandhi. Sumber Gambar: Republika.

Tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum pertama adalah Mohandas Karamchand Ghandi atau yang dikenal dengan Mahatma Gandhi. Mahatma Gandhi lahir di Porbandar, Kathiawar, tanggal 2 Oktober 1869.

Siapa sangka Mahatma Gandhi dahulu seorang pengacara India yang memimpin gerakan kemerdekaan India dari kekuasaan Inggris. Dengan menggunakan cara non-kekerasan, Gandhi memprotes pajak garam yang diberlakukan Inggris dan meluncurkan Gerakan Quit India.

Tokoh satu ini memang sangat terkenal. Termasuk beberapa quotes-nya yang cukup populer di dunia hukum. Quotes Mahatma Gandhi untuk dunia hukum yang terkenal antara lain:

There is a higher court than courts of justice and that is the court of conscience. It supercedes all other courts”. (Ada pengadilan yang lebih tinggi dari pengadilan dan itu adalah pengadilan nurani. Ini menggantikan semua pengadilan lainnya)

“Freedom is not worth having if it does not include the freedom to make mistakes”. (Kebebasan tidak layak dimiliki jika itu tidak termasuk kebebasan untuk melakukan kesalahan).

Nonviolence is a weapon of the strong”. (Non-kekerasan adalah senjata yang kuat).

Power is of two kinds. One is obtained by the fear of punishment and the other by acts of love. Power based on love is a thousand times more effective and permanent then the one derived from fear of punishment”. (Kekuasaan ada dua macam. Yang satu diperoleh karena takut akan hukuman dan yang lain dengan tindakan cinta. Kekuatan yang didasarkan pada cinta adalah seribu kali lebih efektif dan permanen daripada yang diperoleh dari rasa takut akan hukuman).

Many people, especially ignorant people, want to punish you for speaking the truth, for being correct, for being you. Never apologize for being correct, or for being correct, or for being years ahead of your time. If youre right and you know it, speak your mind. Even if you are a minority of one, the truth is still the truth. (Banyak orang, terutama orang yang tidak tahu apa-apa, ingin menghukum Anda karena mengatakan yang sebenarnya, karena benar, karena Anda. Jangan pernah meminta maaf karena benar, atau karena menjadi benar, atau karena bertahun-tahun sebelumnya. Jika Anda benar dan Anda mengetahuinya, ucapkan pikiran Anda. Sekalipun Anda adalah minoritas, kebenaran tetaplah kebenaran.)

2. Nelson Mandela

nelson mandela salah satu tokoh terkenal berlatar hukum
Nelson Mandela. Sumber Gambar: Flickr

Tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum yang kedua adalah Nelson Mandela. Pemilik nama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela ini adalah seorang revolusioner antiapartheid. Nelson Mandela menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 hingga 1999.

Dia berhasil merampungkan studinya dengan meraih gelar BA melalui University of South Afrika dan kembali ke Fort Hare untuk kelulusannya pada 1943.

Pada usia 21 tahun, Mandela diterima di Universitas Fort Hare, satu-satunya kampus untuk orang kulit hitam Afsel. Lulus dari sana, Mandela mendaftar di Universitas Witwatersrand untuk mengambil gelar sarjana hukum. Itu dilakukannya sembari bekerja di sebuah firma hukum.

Dia mendirikan firma hukum “Mandela and Tambo”, bermitra dengan Oliver Tambo, rekan mahasiswanya cemerlang di Fort Hare. Firma tersebut menyediakan layanan hukum gratis dan berbiaya rendah bagi orang kulit hitam.

Berikut quotes Nelson Mandela yang terkenal:

“Seorang anak dilahirkan bebas.”

“Tujuan kebebasan adalah menciptakannya untuk orang lain.”

“Ketika seseorang ditolak haknya untuk menjalani kehidupan yang dia yakini, dia tidak punya pilihan selain menjadi penjahat.”

 “Untuk menjadi bebas bukan hanya untuk melepaskan belenggu seseorang, tetapi untuk hidup dengan cara yang menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain.”

“Mengatasi kemiskinan bukanlah tugas amal. Ini adalah tindakan keadilan.”

“Hanya orang bebas yang bisa bernegosiasi; tahanan tidak bisa membuat kontrak.”

3. Fidel Castro

fidel castro tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum
Fidel Castro. Sumber gambar: Pixabay

Siapa yang tidak kenal dengan Fidel Castro ? Pemilik nama lengkap Fidel Alejandro Castro Ruz lahir di Biran Oriente, pada 13 Agustus 1926. Castro meninggal tanggal 25 November 2016. Fidel Castro terkenal sebagai pejuang revolusi Kuba. Kemudian menjabat sebagai Presiden Kuba dari tahun 1976 sampai dengan 2008.

Meskipun dikenal sebagai pejuang revolusi, Fidel Castro kuliah hukum di Universitas Havana. Sehingga, Fidel merupakan tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum.

Berikut quotes tokoh dunia paling terkenal yang bergelar hukum satu ini:

“Kebenaran tak perlu diiklankan…”

“Kita harus menciptakan tatanan dunia baru berdasarkan keadilan, kesetaraan, dan kedamaian.”

4. Barack Obama

barack obama merupakan pengacara yang menjadi presiden amerika serikat
Barack Obama. Sumber gambar: Pixlr.com

Mengutip Merdeka.com , Barrack Obama, lahir di Honolulu-Hawaii, tanggal 4 Agustus 1961. Mantan Presiden Amerika Serikat yang ke-44 dan pemilik nama lengkap Barack Hussein Obama ini pernah tinggal di Indonesia.  Barack Obama pernah sekolah di SD Santo Fransiskus Asisi, Tebet. Setelahnya pindah ke SD Negeri Menteng. Pada usia 10 tahun, Obama pindah ke Honolulu.

Siapa menyangka sang mantan Presiden Negara adidaya ini adalah alumni Hukum Universitas Harvard. Setelah mendapat gelar hukum, kemudian Obama memulai karirnya sebagai Pengacara Sipil.

Pada akhirnya tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum ini diangkat sebagai dosen pengajar di Universitas Hukum Chicago. Kemudian menikah dengan Michelle Robinson teman dekatnya yang juga seorang pengacara.

5. Hillary Clinton

hillary clinton tokoh terkenal yang juga seorang pengacara
Hillary Clinton. Sumber gambar: Pixabay.com

Tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum terakhir adalah Hillary Diane Rodham Clinton, adalah nama lengkap Hillary Clinton, lahir pada 26 Oktober 1947. Hillary Clinton menjadi Ibu Negara sejak 1993 hingga 2001, karena menikah dengan Bill Clinton, Presiden Amerika Serikat ke-42.

Menurut catatan Wikipedia , Hillary sebelumnya merupakan seorang pengacara. Hilary lulus dari Sekolah Hukum Yale tahun 1973. Pada 1979, dia menjadi rekan wanita pertama di Firma Hukum Rose. Di samping itu, Hillary ternyata dua kali tercatat sebagai salah seorang dari 100 pengacara paling berpengaruh di Amerika.

Beberapa quotes Hillary Clinton yang kiranya dapat menginspirasi yaitu:

“Hukum harus didukung dengan sumber daya dan kemauan politik. Dan kode budaya yang mengakar, keyakinan agama dan bias struktural harus diubah”.

“Hukum yang membutuhkan perlindungan yang sama memperkuat keharusan moral untuk kesetaraan”.

“Hak asasi manusia adalah hak perempuan, dan hak perempuan adalah hak asasi manusia. Janganlah kita lupa bahwa di antara hak-hak itu ada hak untuk berbicara dengan bebas – dan hak untuk didengarkan”.

“Ada satu pelajaran dari masa lalu, khususnya, yang tidak dapat kita abaikan: Anda tidak dapat membuat kemajuan dalam kesetaraan gender atau pembangunan manusia yang lebih luas, tanpa melindungi hak dan kesehatan reproduksi perempuan”.

“Tidak mungkin ada demokrasi sejati kecuali suara perempuan didengar. Tidak mungkin ada demokrasi sejati kecuali perempuan diberi kesempatan untuk bertanggung jawab atas hidup mereka sendiri”.

Jadi, Siapa Tokoh Dunia Paling Terkenal Bergelar Hukum yang Top Menurut Anda?

Itulah lima tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum, yang kiranya dapat memacu Mahasiswa Hukum untuk serius menggeluti dunia hukum ini.

Sebagaimana diuraikan di atas, hampir semua tokoh bergelar hukum tersebut adalah dahulu seorang pengacara. Meskipun demikian, terdapat banyak pilihan karier yang berasal dari hukum.

Jadi, siapa tokoh dunia paling terkenal bergelar hukum di atas, yang top menurut Anda?

Demikian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan