8 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

8-perlengkapan-bayi-baru-lahir-yang-harus-disiapkan
8 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan. Dokumentasi pribadi.

Perlengkapan bayi yang wajib disediakan selanjutnya selain dari Part I dan Part II ini ada 8 item. Selain perlengkapan sebagaimana sudah dituliskan sebelumnya dan pada tulisan ini, sebenarnya masih banyak.

Ada perlengkapan bayi yang memang tidak begitu mendesak untuk disediakan. Anda bisa menyediakannya ketika bayi sudah lahir ke dunia.

Item-item lain seperti misalnya cotton bud. Perlengkapan jenis ini bisa saja belum dipersiapkan dalam keadaan mendesak. Contoh lainnya mainan bayi yang, tidak perlu tergesa-gesa membelinya.

Pada tulisan kali ini, ada 8 perlengkapan bayi baru lagi yang harus Anda siapkan. Ini berdasarkan pengalaman saya dan Istri. Simak ulasannya:   

1. Popok Kain Bayi

Popok bayi ada dua. Pertama popok kain; kedua, sekali pakai. Tulisan ini membahas tentang popok bayi berbentuk kain.

Popok kain bayi ini penting untuk disediakan sebelum kelahiran bayi. Alasan memilih popok kain adalah karena bisa dicuci, dibersihkan, lalu dipakai kembali.

Kami menyarankan untuk memilih popok kain yang berbahan lembut, sehingga aman pada kulit bayi.

Berbeda dengan popok sekali pakai. Jenis ini tampak praktis penggunaannya. Kelebihan lain adalah dapat menahan air seni bayi. Akan tetapi, penggunaan popok sekali pakai, bisa menguras dompet Anda.

Kami membelinya kira-kira 15 buah dengan berlabel SNI.

2. Topi Bayi

Anda sudah pasti tahu apa fungsi topi. Bukan saja orang dewasa, bayi pun butuh topi untuk melindungi kepala sang bayi. Namun demikian, Anda tidak perlu banyak menyediakan topi bayi ini. Tiga saja sudah cukup.

Selain berfungsi untuk melindungi dari udara dingin kepala bayi, fungsi lain sebagai aksesoris. Tentu saja Anda ingin bayi terlihat lucu dan menggemaskan.

3. Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi untuk melindungi bayi dari sengatan kukunya sendiri. Maksudnya adalah, kadang bayi menggaruk wajah menggunakan jari jemarinya. Apabila kukunya agak panjang, maka itu berbahaya. Bisa menimbulkan goresan pada wajah bayi.

Sarung tangan yang, membungkus tangan bayi, agar ketika bayi menggaruk wajah, bisa terlindungi.

Persiapkanlah sarung tangan bayi ini maksimal satu lusin. Anda harus memilih jenis sarung tangan berbahan lembut. Kriteria lain, pastikan memilih sarung tangan yang tidak mudah berbulu, sehingga nyaman digunakan sang bayi.

Kami menggunakan sarung tangan ini tidak terlalu lama. Seingat saya, hanya berkisar sebulan saja kami kenakan ke anak kami.

4. Kaus Kaki Bayi

Selain sarung tangan, kaus kaki juga menjadi wajib untuk Anda sediakan. Fungsinya adalah agar dapat menghangatkan kaki bayi. Jika kaki bayi hangat, bisa berpengaruh pada kehangatan tubuhnya.

Kami beli kaus kaki ada dua jenis. Pertama, kaus kaki berkarakter; kedua, yang polos. Membelinya maksimal satu lusin.

5. Baby Bib

Kata lain dari bib adalah celemek atau slabber.

Slabber yang kami maksud adalah berbentuk segitiga. Bib ini dapat berfungsi sebagai bibs, scarf, atau bisa juga sebagai bandana. Namun fungsi utama adalah, agar bagian leher dan baju bayi ketika mengeluarkan liur atau saat menyusui tidak basah.

Kami membelinya hanya satu buah saja. Tidak perlu banyak.

6. Set Kasur Baby

Perlengkapan bayi satu ini tidak kalah pentingnya.

Memang benar, sudah ada kasur untuk Anda tidur. Kasur tersebut bisa juga ditempati tidur oleh sang bayi. Namun kami menyarankan untuk membeli khusus tempat tidur bayi.

Kami menyarankan untuk menyediakan 1 set kasur. Maksudnya 1 set itu sudah mencakup semuanya.

Kami membeli set kasus anak kami sudah mencakup:  1 buah kasur bayi; kelambu anti-nyamuk; 2 bantal guling beserta sarungnya; 1 buah bantal tidur beserta sarungnya; alas tidur.

Dengan membeli satu set tempat tidur bayi tersebut, Anda tidak perlu repot lagi menyediakan yang lain.

Anda harus memastikan sebelum membeli. Pastikan bahwa set kasur bayi Anda berbahan lembut. Kelambunya mudah dilepas. Serta kasur yang tidak mudah kempis, tebal dan empuk.

7. Cotton ball

Bukan hanya jenis pakaian saja. Perlengkapan bayi lain yang sangat penting adalah cotton ball.

Cotton ball merupakan kapas khusus dan bertekstur lembut. Fungsinya adalah untuk membersihkan bagian kulit bayi. Sebelumn digunakan, cotton ball ini dibasahi terlebih dahulu.

Kami bukan hanya mempersiapkan cotton ball ini sebelum kelahiran anak kami. Ternyata, hingga saat ini, kami masih membutuhkan cotton ball. Bahkan sebulan sekali kami membelinya melalui online.  

Untuk itu, perlengkapan bayi ini kami rekomendasikan dipersiapkan sedini mungkin.

8. Sabun Cuci Pakaian Bayi

Sabun untuk mencuci pakaian bayi tentu saja tidak sama dengan sabun pakaian kita. Jangan menggunakan sabun yang biasa kita pakai, karena kulit bayi begitu sensitif. Bisa-bisa terjadi alergi.

Untuk itu, sebagai penunjang perlengkapan di atas, perlu juga menyediakan sabun cuci pakaian khusus bayi.

Sejauh ini, sejak kelahiran anak kami, tidak pernah mengganti sabun cuci pakaiannya. Cocok.

Demikian tulisan 8 perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan. Bisa jadi, Anda mempersiapkan sebelum kelahiran, agar tidak kerepotan nantinya. Selengkapnya Anda bisa tonton di Youtube Istri saya.

Semoga bermanfaat.  

Rifai Hadi

Pengagum sunyi, penikmat kopi, dan tidak suka lebai | saat ini berprofesi sebagai Advokat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: