11 Film Tentang Hukum yang Wajib Ditonton

film tentang hukum
Salah satu scane dalam Film Just Mercy 2019. Sumber gambar: imbd.com

Film tentang hukum seperti Hakim, Jaksa, dan Advokat kini telah banyak. Ada yang diproduksi di Indonesia hingga di luar negeri.

Bukan hanya film berlatar keluarga yang memberikan banyak insipirasi. Tetapi juga film berlatar hukum memberikan begitu banyak pelajaran penting. Apalagi jika Anda berstatus sebagai anak hukum.

Beberapa film berlatar hukum dapat ditonton. Semua film-film yang akan tercantum di bawah ini sudah saya tonton. Simak daftarnya!

11 Film Tentang Hukum yang Wajib Ditonton

  1. A Few Good Men.
  2. The Judge.
  3. The Rainmaker.
  4. A Time To Kill
  5. Bridge of Spies.
  6. The Firm.
  7. Changing Lanes.
  8. Just Mercy 2019.
  9. The Devil’s Advocate.
  10. Philadelphia.
  11. The Lawyers: Pokrol Bambu.

Sebelum film tentang hukum di atas menurut saya sangat bagus dan direkomendasikan untuk ditonton. Mari kita bahas satu persatu daftar film tentang hukum tersebut.

1. A Few Good Men

A Few Good Men. Film ini disutradarai Rob Reiner merupakan salah satu film drama hukum. Film ini diproduksi tahun 1992.

Dalam film A Few Good Men dibintangi beberapa aktor. Antara lain Tom Cruise, Jack Nicholson, Demi Moore, dan sebagainya.

Tom Cruise menampilkan karakter sebagai Letnan Daniel Kaffee—merupakan Lawyer di kesatuan Angkatan Laut.

Dalam film tersebut, dua marinir terlibat kasus pembunuhan. Sebagai Lawyer di angkatannya, Daniel kemudian ditugaskan menangani dua marinir hingga tuntas.

Namun dalam perjalanannya, Letnan Daniel malas mencari kebenaran kasus itu. Sehingga, Letnan Komandan JoAnne Galloway kesal. Dia menginginkan kasus yang ditangani Daniel tidak berakhir dengan kesia-siaan.

Daniel mengambil sebuah risiko besar. Ia memutuskan untuk menghadapi Kolonel Nathan R. Jassep. Nathan diduga mempunyai peran strategis di balik pembunuhan yang diusut Daniel.

Dari gambaran di atas sudah cukup menarik, bukan? Untuk cerita selanjutnya, silakan tonton filmnya.

2. The Judge

Film The Judge ini dirilis tahun 2014. The Judge menceritakan mengenai seorang Advokat yang sangat terkenal. Lawyer terkenal tersebut adalah Hank Palmer—diperankan oleh Robert Downey.

Sebagai Pengacara terkenal di Amerika, Hank Palmer cukup disegani karena kecerdikan dalam menangani kasus-kasus yang datang padanya. Meskipun demikian, dalam film ini, Hank sangat buruk dalam menangani kasus pro bono. Dia hanya ingin membantu mereka yang berduit.

Paling menarik dalam film ini adalah, Hank Palmer membantu ayahnya. Padahal hubungan antara Hank dengan ayahnya begitu buruk.

Joseph Palmer yang diperankan oleh Robert Duvall—ayah Palmer diduga terlibat suatu pembunuhan. Padahal ayahnya tersebut adalah seorang hakim yang cukup disegani.

Meskipun hubungan antara Hank dengan ayahnya Joseph begitu buruk, namun Palmer tetap memberikan bantuan hukum.

Namun, Joseph menolak bantuan hukum tersebut. Ayahnya memilih seorang Pengacara yang kredibelitasnya masih diragukan. Yaitu C.P. Kenedy—Dax Sheprad.

Lambat laun, ayahnya luluh. Sehingga memutuskan anaknya lah yang mendampinginya.

Begitu banyak kisah-kisah seru dalam film ini. Juga menegangkan. Apabila Anda bergelut di bidang hukum, saran saya, tonton The Judge. Sangat menginspirasi.

3. The Rainmaker

Film The Rainmaker disutradarai Francis Ford Coppola. Dirilis pada 1997.

Film ini juga merupakan drama hukum, yang diadaptasi dari Novel John Grisham (1995)—dengan judul yang sama.

Film yang dibintangi Matt Damon, Danny DeVito, Claire Danes, Jon Voight, dan sebagainya ini mengangkat kisah tentang seorang pemuda bernama Rudy Baylor yang baru lulus dari sekolah hukum.

Rudy sekolah hukum di University of Memphis State Law School. Memiliki ambisi untuk menjadi seorang Pengacara. Ketika lulus, dan menjadi pengacara yang masih muda. Rudy langsung membantu seorang anak laki-laki penderita leukemia. Anak itu ditolak perusahaan asuransi untuk membayar operasinya.

Keluarga anak itu telah beberapa kali mengklaim asuransi di perusahaan tersebut, namun tidak mendapat tanggapan positif.

Berbagai usaha yang dilakukan Rudy. Termasuk meminta bantuan Deck—teman Rudy—ahli asuransi.

Sayangnya, belum usai perjuangan Rudy dan kawannya, anak itu meninggal. Pada akhirnya, mereka mengajukan tuntutan ke pengadilan.  

Untuk menikmati perjalanan dramanya. Silakan ditonton!

4. A Time To Kill

Selain The Rainmaker, John Grisham juga membuat novel A Time to Kill. Akhirnya, novel tersebut diadaptasi menjadi sebuah film yang mengasyikkan dan seru.

A Time To Kill adalah film drama kriminal. Diproduksi tahun 1996. Disutradarai oleh Joel Schumacher.

Joel Schumacher mengambil sejumlah bintang dalam fimnya. Antara lain Matthew McConguhhey, Sandra Bullock, Kevin Spacey, dan sebagainya.  

Profesi Pengacara memang dikenal gigih dalam berjuang. Itulah gambaran dalam film ini. Tyler Brigande—yang diperankan Matthew McConaughey. Menangani kasus pembunuhan. Pembunuhan tersebut dilakukan Carl Lee Hailey. Diperankan Samuel L. Jackson—yang berkulit hitam. Maka persidangan tersebut beraroma rasisme—karena Carl membunuh dua orang berkulit putih. Penyebabnya adalah—dua orang kulit putih memerkosa anak kesayangannya.

Tyler Brigande membantu Carl dalam sidang tersebut. Namun persidangan itu telah bercampur-aduk dengan isu rasialisme antara kulit putih dan kulit hitam. Sehingga sebagai kulit putih, Tyler dituduh pengkhianat. Dia terus ditekan oleh banyak pihak.

Dalam menangani kasus itu, Tyler terus berusaha agar dalam forum persidangan tiada rasisme.

Loading...

Film ini seru. Menegangkan. Rugi apabila Anda tidak tonton.  

5. Bridge of Spies

Film tentang hukum selanjutnya adalah Bridge of Spies. Sebuah film drama biografi yang dirilis tahun 2015. Disutradarai Steven Spielberg.

Film ini mengangkat kisah nyata Pengacara bernama James B. Donovan—diperankan Ton Hanks. James adalah Pengacara Asuransi. Dia ditugaskan membela Rudolf—tertuduh sebagai mata-mata Rusia.

Kasus tersebut bergulir hingga ke persidangan. Rudolf dihukum selama 30 tahun. Akan tetapi, James keberatan. Dia kemudian mengajukan banding.

Untuk Anda yang penasaran dengan film ini, silakan ditonton.

6. The Firm

Film satu ini tak kalah menariknya dari film hukum lain. The Firm ini dirilis pada 1993. Sydney Pollack adalah sutradara dari The Firm.

Pollack menggandeng para pemain seperti Tom Cruice, Gene Hackman, Ed Harris, Jeanne Tripplehorn, Holly Hunter, dan sebagainya.

Film ini menceritakan tentang Lawyer yang menginginkan hidup normal kembali. Hal itu terjadi karena begitu lama melindungi saksi, karena mafia tanah berhasil dijebloskan ke penjara.

7. Changing Lanes

Film ini lagi-lagi dibuat di Amerika. Changing Lanes sebuah film yang disutradarai Roger Michell. Roger merilis film ini pada April 2002, menggandeng Ben Affleck serta Samuel L. Jackson dan masih banyak aktor lainnya.

Changing Lanes menceritakan tentang perseteruan antara seorang Lawyer dengan seorang pebisnis. Perseteruan ini sampai ke meja persidangan.

Apabila Anda belum menonton, silakan ditonton kelanjutan kisah perseteruan antara Banek dan Gipson ini.

8. Just Mercy 2019

Film tentang hukum lain adalah Just Mercy. Film ini digarap oleh Destin Daniel Cretton. Dibintangi oleh Michael B. Jordan, Rob Morgan, Jamie Foxx, dan sebagainya.

Film ini diangkat dari kisah nyata Walter McMillian. Dia dituduh membunuh. Seorang Pengacara muda kemudian membantunya. Bryan Stevenson Pengacara muda itu. Karena Walter dihukum mati, Bryan kemudian naik banding.

Bryan membela mati-matian untuk memperjuangkan keadilan bagi Walter. Sehingga, dalam menangani kasus ini, Walter McMillian naik daun.

Namun, pada hari-hari berikutnya, Walter mendapat tekanan rasisme, politik, hingga hukum. Untuk mendapatkan gambaran yang utuh, silakan tonton film hukum Just Mercy ini.

9. The Devil’s Advocate

Film The Devil’s Advocate mengisahkan mengenai Pengacara yang begitu ambisius, ketika menangani setiap kasus yang datang padanya.

Lawyer tersebut bernama Kevin Lomax. Dalam film ini, Kevin tidak pernah sekali pun kalah dalam menangani perkara. Karena itulah John Milton seorang pemimpin kantor firma hukum besar di New York menggaetnya. 
 
Kevin yang larut dalam pekerjaannya kemudian sering meninggalkan sang istri, Mary Ann, sendirian di rumah. Banyak kasus yang mulai harus ditangani Kevin. Dan kemudian masalah mulai bermunculan dalam hidup Kevin. Baik dalam pekerjaan maupun dalam rumah tangga.

The Devil’s Advocate adalah film bergenre drama, misteri, dan thriller. Disutradarai Taylor Hackford . Film ini juga merupakan sebuah film adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Andrew Neiderman.

Penasaran kisahnya? Silakan ditonton!

10. Philadelphia

Film hukum Philadelphia ini juga menurut saya sangat seru untuk ditonton. Film drama Amerika ini dirilis pada 1993.

Philadelphia disutradarai oleh Jonathan Demme. Jonathan menggaet Tom Hanks dan Denzel Washington.

Andrew Beckett merupakan partners senior di firma hukum perusahaan terbesar di Philadelphia.

Andrew menyembunyikan homo seksualitas. Di samping itu, dia juga tidak memberitahukan kepada rekannya tentang statusnya sebagai pasien AIDS.

Namun, rekannya curiga, karena mencermati ternyata ada luka pada dahi Andrew.  

Pada akhirnya, dia mengurung di rumah. Mengerjakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya dari rumah. Setelah selesai, kemudian diserahkan ke kantor.

Namun ternyata ada yang jail di kantor tersebut. Rekannya menyembunyikan dokumen penting. Akhirnya dia dipecat. Pemecatan itu sebenarnya berhubungan dengan penyakit AIDS diidapnya.

Akibatnya, Andrew mempermasalahkannya hingga ke pengadilan.

11. The Lawyers: Pokrol Bambu

Terakhir, film tentang hukum yang wajib Anda tonton adalah The Lawyers: Pokrol Bambu. Film ini diproduksi oleh anak Negeri.

Menurut saya, The Lawyers: Pokrol Bambu ada tiga genre di dalamnya. Genre hukum, komedi, dan drama keluarga.

Film yang mengisahkan tentang Johan Nabawi yang begitu mencintai istrinya, Nina Tanjung. Namun, Istrinya itu berkeinginan cerai dari Johan. Hal ini dikarenakan Johan memiliki penyakit sadomasokis. Suaminya selalu melakukan kekerasan fisik sebelum melakukan hubungan intim.

Nina Tanjung memilih bercerai. Dia menggaet Lawyer Supermen—disebut sebagai Pengacara Pokrol Bambu. Tak mau kalah, Johan pun menggunakan jasa RM Wicaksono sebagai Kuasa Hukumnya.

Apabila Anda belum menonton film ini. Saya merekomendasikan untuk ditonton. Selain Anda terbahak karena dibaluti komedi, juga ada pembelajaran penting—apalagi Anda berprofesi sebagai Advokat.

Itulah 11 film tentang hukum yang wajib ditonton oleh anak hukum. Begitu banyak inspirasi, pelajaran, hingga strategi pada film-film tersebut.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Bantuan Hukum Gratis adalah Hak Warga Negara

Loading...

Tinggalkan Balasan