7 Nikmat Makan Pakai Tangan, yang Wajib Anda Tahu

makan pakai tangan
Betapa nikmatnya makan pakai tangan. Sumber gambar: honestdocs

Makan pakai tangan itu sungguh nikmat. Satu pun keluarga saya jika makan, tidak menggunakan sendok. Kecuali makanan yang berkuah seperti mie. Lainnya, semua menggunakan tangan langsung lima jari. Ini kebiasaan yang sulit untuk diubah.

Makan menggunakan tangan bagi sebagian masyarakat Indonesia menjadi budaya. Mungkin sejak zaman dulu tidak ada sendok. Tapi itu soal lain.

Saya sendiri, lebih senang menggunakan tangan ketika makan. Kecuali makan mie berkuah. Atau makanan berkuah lainnya. Anda juga tidak mungkin menggunakan tangan jika makan mie. Sedikit mustahil itu terjadi.

Pilihan lain selain makan pakai tangan adalah menggunakan sendok. Itu sah-sah saja, tidak ada perundangan yang melarangnya. Disesuaikan pula dengan selera.

Artikel ini, saya tulis ingin berbagi rasa—betapa nikmatnya makan pakai tangan.  

Betapa Nikmatnya Makan Pakai Tangan

Ada begitu banyak manfaat makanan pakai tangan menurut beberapa penelitian. Namun tentu saja, makan menggunakan tangan kanan.

Mengutip SerangKota , saat makan Rasulullah SAW juga menggunakan tiga jari tangan kanannya untuk mengambil dan menyuap makanan ke dalam mulut, dan jika sudah selesai makan Rasulullah menjilati jari jemarinya sebelum dibersihkan.

Selanjutnya dari laman tersebut, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim).

Untuk itu, beberapa manfaat makan pakai tangan di bawah ini merupakan pengutipan dari beberapa referensi:

Baca Juga: Kopi Yuyo, Perpaduan Kopi dan Rempah, Wajib Dicoba

Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

Menurut hasil riset yang kemudian diterbitkan pada sebuah jurnal Clinical Nutrition, makan pakai tangan dapat mengurangi risiko diabetes. Apa dasarnya? Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa bagi penderita diabetes tipe 2, agak cepat makannya—dengan cara menggunakan sendok. Dengan makan yang agak cepat itu, dapat menimbulkan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh.

Sementara bagi mereka yang makan pakai tangan, menurut penelitian tersebut, makan agak lambat. Di samping itu, bisa mengatur banyak atau sedikitnya makanan yang masuk ke mulut. Artinya, potensi kelebihan gula darah dapat minimalisasi.

Meminimalisasi Kekhawatiran Jika Makanan Bertulang

Salah satu keunggulan makan pakai tangan itu ya meminimalisasi kekhawatiran. Kita bisa saja khawatir apabila makanan itu banyak tulangnya. Apalagi kalau tulang ikan. Namun, hal ini dapat meminimalisasi karena menggunakan tangan, yang bisa diraba-raba.

Lain halnya makan menggunakan sendok. Tentu saja rasa khawatir begitu tinggi, karena tidak bisa memastikan apakah masih ada tulang atau sudah hilang.  

Selain Indra Peraba, Tangan Juga Indra Perasa

Tunggu dulu! Maksud saya merasakan panas atau dinginnya makanan.

Memasukkan makanan panas ke mulut itu rasanya aduhai. Hilang kenikmatan kalau sudah begitu.

Dengan makan pakai tangan, tentu saja kita bisa merasakan apakah makanan itu sudah bisa dimasukkan ke mulut atau belum. Jika dibandingkan dengan menggunakan sendok, tentu saja kita hanya bisa meraba-raba akan derajat panas makanan. Tidak sedikit orang meniup-niup makanan tersebut untuk sekadar memastikan telah dingin.

Tidak perlu juga langsung menggenggam makanan ke telapak. Cukup menggunakan ujung jari terlebih dahulu untuk memastikan kadar panasnya.

Nah, salah satu nikmatnya makan pakai tangan ya di sini.

Menurut Penelitian dapat Memperbaiki dan Melancarkan Pencernaan

Loading...

Inilah salah satu kelebihan makan pakai tangan. Yaitu dapat memperbaiki dan melancarkan pencernaan. Karena tangan ternyata penghasil enzim RNase.

Di samping itu, menurut beberapa penelitian telapak tangan manusia ada jenis bakteri berupa

flora normal. Akan tetapi, ini dapat melindungi kita, sehingga dengan makan menggunakan tangan, ada bakteri baik yang ikut ke tubuh. Dengan demikian, sangat bermanfaat bagi tenggorokan, mulut, usus, serta sistim pencernaan.

Ini dilakukan jika makan pakai tangan ya. Bukan menggunakan sendok.

Makan Pakai Tangan Terasa Lebih Bersahabat

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari makan pakai tangan ini adalah terasa lebih bersahabat. Hal ini tentu saja terjadi apabila makan beramai-ramai. Kecuali Anda masih jomlo, ya mau bagaimana lagi, tidak dapat diterapkan konsep bersahabat ini.

Makan pakai tangan beramai-ramai tersebut, jika disandingkan dengan sembari mengangkat satu kaki ke atas kursi, sungguh nikmat. Ini menunjukkan suatu keakraban yang luar biasa.

Lain halnya jika menggunakan sendok dan garpu, apalagi dicampur pisau. Ini lebih menonjolkan keelitan dan terkesan sangat formal. Dengan makan yang lebih bersahabat tersebut, menjadikan kita saling memahami.

Percayakah Anda Makan Pakai Tangan Bisa Bikin Ramping?

Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di Selandia Baru—yang kemudian diterbitkan dalam jurnal Appetite  Para peneliti asal Selandia Baru tersebut meneliti lebih dari 1.600 wanita paruh baya. Menurut mereka, para wanita yang makan ketika lapar saja memiliki berat badan ideal ketimbang yang makan tak pakai ‘aturan’.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa makan pakai tangan sangat membantu merasakan sensasi kenyang ketimbang tidak menggunakan tangan.

Untuk Anda yang ingin langsing, kurang-kurangilah makan menggunakan sendok. Segera beralih makan pakai tangan. Sekarang!

Lebih Mudah Menerapkan Asas Keadilan

Apa maksudnya poin ini? Jadi begini …

Saya dan mungkin kebanyakan orang, kalau makan itu ya diaduk rata. Maksudnya, antara sayuran, lauk, nasi, sambal, dan sebangsanya itu diaduk-aduk sampai rata. Jadi, makan tidak satu-satu jenis. Misalnya nasi terlebih dahulu, kemudian sayuran, setelahnya cabai—itu tidak adil namanya.

Mengapa demikian? Agar rasanya sama. Ini yang saya sebut menerapkan prinsip atau asas keadilan. Semua harus rata.

Nah, proses aduk-mengaduk itu tentu saja memakan waktu lama apabila menggunakan sendok. Cara termudah dan tercepat adalah dengan menggunakan tangan.

Penutup

Makan pakai tangan atau sendok adalah pilihan masing-masing orang. Bagi saya pribadi, makan pakai tangan sudah menjadi budaya. Sangat susah untuk diubah.

Sebagai penutup, saya merangkum poin-poin penting dari manfaat makan pakai tangan yaitu: pertama, dapat mengurangi risiko diabetes. Kedua, dapat meminimalisasi kekhawatiran jika makanan Anda bertulang. Ketiga, dapat merasakan panas sebelum akhirnya dimasukkan ke mulut.

Keempat, diyakini dapat memperbaiki dan melancarkan pencernaan. Kelima, akan terasa lebih bersahabat dibandingkan dengan makan pakai sendok. Keenam, menjadi tubuh lebih ramping. Ketujuh, lebih mudah menerapkan asas keadilan.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan