Lompat ke konten

Didominasi Pulau, Ini Tempat Wisata di Tojo Una-Una Paling Indah 2022

Bacaan 8 menit
objek wisata pulau enam, togean

Bagi Anda yang suka melancong ke tempat-tempat indah, dan sedang mencari referensi keindahan alam, sudah tepat membaca artikel ini. Sebab, tulisan ini menyajikan kepada Anda keindahan alam dan tempat wisata di Tojo Una-Una.

Sebelum membahas objek wisata apa saja yang ada di Tojo Una-Una, artikel ini memberikan gambaran umum tentang daerah tersebut.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Morowali Utara Sangat Populer dan Terkini

Gambaran Umum Tojo Una-Una

Tojo Una-Una salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah . Tojo Una-Una biasa disingkat Touna, yang merupakan wilayah daratan dan gugusan pulau ini memiliki ibu kota di Ampana.

Untuk luas wilayah daratan, diperkirakan sekitar 5.721,51 Km2 atau 8,41 persen dari luas daratan Provinsi Sulawesi Tengah. Luas laut mencapai kurang lebih 3.566,21 Km2. Dengan panjang pantai kurang lebih 951,115 Km.

Kabupaten Tojo Una-Una memiliki setidaknya 9 kecamatan. Lima kecamatan berada di wilayah daratan, dan 4 (empat) kecamatan lainnya berada di wilayah kepulauan.

Maka tak heran, dalam artikel ini, banyak menyajikan tempat wisata di Tojo Una-Una berupa pulau. Sebab, begitu banyak pulau kecil yang eksotik dan menampilkan keindahan. Menurut beberapa referensi, terdapat 81 pulau yang sudah memiliki nama dan 41 pulau di antaranya sudah berpenghuni.

Bagaimana dengan batas-batas wilayah Kabupaten Tojo Una-Una? Secara administratif berikut batas-batas wilayah Touna:

Sebelah Utara berbatasan dengan: Teluk Tomini, Provinsi Gorontalo, dan Provinsi Sulawesi Utara

Sebelah Selatan berbatasan dengan: Kabupaten Morowali  

Sebelah Timur berbatasan dengan: Kabupaten Banggai

Sebelah Barat berbatasan dengan: Kabupaten Poso

Aksesbilitas

Sebelum menjangkau tempat wisata di Tojo Una-Una, bisa terlebih dahulu mengakses ke Ibu Kota Kabupaten. Untuk sampai di Tojo Una-Una, terdapat beberapa alternatif transportasi. Baik transportasi darat, laut, maupun udara.

Untuk akses darat, bisa menggunakan motor atau mobil dari Kota Palu atau Luwuk. Jarak Tojo Una-Una dengan Kota Palu mencapai kurang lebih 183 kilometer. Sementara jarak dari Luwuk ke Tojo Una-Una mencapai 234 kilometer.

Akses yang paling mudah dan cepat adalah menggunakan transportasi udara. Bisa dari Bandara Sis Al-Jufri Palu ke Bandara Tanjung Api, Ampana. Atau bisa juga dilalui dari Bandara Hasanuddin, Makassar.  

Sebenarnya, akses dari Gorontalo juga dapat dilakukan, sebab, Kepulauan Togean dekat dari Gorontalo—terletak terletak di bagian utara dari Kepulauan Togean.

Baca Juga: Super Keren, Ini 8 Tempat Wisata Parigi Moutong

12 Tempat Wisata di Tojo Una-Una, Didominasi Pulau

Apa saja tempat wisata di Tojo Una-Una yang wajib dikunjungi pada 2022?

Simak daftar dan ulasannya!

1. Pulau Togean

objek wisata pulau togean
Salah satu spot Pulau Togean. Sumber gambar: backpackstory.

Kepulauan Togean adalah tempat wisata di Tojo Una-Una yang paling dikenal bahkan hingga mancanegara.

Kepulauan Togean  merupakan kepulauan yang terletak di Teluk Tomini, namun secara administratif, Pulau Togean berada di Kabupaten Tojo Una-Una. Kepulauan Togean tersebar sepanjang kurang lebih 90 Kilometer.

Pulau Togean adalah Kawasan Pelestarian Sumber Daya Alam dengan status Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT).

Kepulauan Togean merupakan hamparan pulau-pulau yang terdiri 6 pulau besar dan sekitar 60 pulau yang lebih kecil. 

Jangan ditanya apa saja yang menarik di Pulau Togean ini. Begitu banyak yang dapat memanjakan mata, karena keindahan alam sungguh luar biasa. Anda bisa berenang bersama ubur-ubur dan melihat terumbu karang berwarna-warni.

Snorkeling dan diving menjadi favorit yang dilakukan para wisatawan ketika berada di tempat ini.

Bagaimana cara ke tempat ini? Anda harus menyewa kapal berupa speed boat. Sewa kapal tersebut pun tidak begitu mahal. Perjalanan bisa memakan waktu sekitar satu setengah jam.

2. Pulau Una-Una

Tempat wisata di Tojo Una-Una yang kedua dalam artikel ini adalah Pulau Una-Una . Pulau Una-Una salah satu pulau di Touna. Pulau ini terletak di utara Pulau Togian.

Pulau ini populer di kalangan turis internasional untuk menyelam. Di pulau ini, terdapat tiga desa bernama Una-Una, Kololio, dan Tampobatu.

Terdapat sekitar 200 jiwa di Pulau Una-Una. Pulau ini memiliki bentuk bulat. Di tengah pulau terdapat Gunung Colo, yang erupsi pada 1983.

3. Pulau Bukabuka

objek wisata tojo una-una pulau bukabuka
Pulau Bukabuka. Sumber gambar: liputan6.com

Pulau Bukabuka terletak di Desa Tete B, Kecamatan Ampana Tete, Tojo Una-Una. Salah satu keunggulan objek wisata di Tojo Una-Una ini adalah menawarkan pasir yang putih, indah, bersih.

Anda tak perlu ragu untuk beristirahat, sebab tempat wisata di Tojo Una-Una yang satu ini, terdapat tempat penginapan. Sehingga Anda tidak perlu ragu mencari tempat menginap.

Untuk sampai ke tempat ini menggunakan speed boat, dengan memakan waktu sekitar tiga puluh menit saja.

Baca Juga: 10+ Objek Wisata di Donggala, Didominasi Pantai

4. Pulau Batudaka

tempat wisata pulau batudaka-togean
Pulau Batudaka, Togean. Sumber gambar: Ivacanza

Pulau Batudaka terletak di selatan Pulau Togean. Kata “Batudaka” dalam bahasa setempat berarti “Batu Besar. Menurut beberapa referensi, Pulau Batudaka adalah pulau terbesar di antara pulau lainnya yang ada di Taman Nasional Kepulaun Togean.

Seperti pula pulau-pulau di atas dan di bawah ini, Pulau Batudaka menawarkan keindahan alam yang memukau. Pasir yang putih, bersih, dan jernihnya air laut, serta jejeran pohon kelapa membuat pikiran menjadi tenang ketika berada di sana.

5. Pulau Kadidiri

tempat wisata pulau kadidiri, togean
Pulau Kadidiri, Togean. Sumber gambar: Verry Baruadi

Pulau Kadidiri  juga bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togean. Pulau Kadidiri ini memiliki pantai pasir putih yang sangat bersih dan laut yang sangat jernih dengan biota lautnya yang berjumlah lebih dari 200 macam merupakan daya tarik bagi turis-turis asing.

Pulau ini terbentuk dari gugusan pulau karang dengan pasir putih yang indah dan air laut yang jernih dan sejuk. Selain itu, di sepanjang pulau ini terhampar terumbu karang yang masih bagus dengan tubir yang indah, karena sangat cocok untuk atraksi snorkeling dan menyelam.

Di Pulau Kadidiri, telah tersedia  tempat penginapan untuk para wisatawan. Sehingga, Anda tak perlu takut dan berpikir untuk menginap di mana.

Untuk dapat sampai ke Pulau Kadidiri harus menggunakan speed boat dari Ampana. Waktu tempuh dari Ampana ke tempat wisata di Tojo Una-Una satu ini adalah kurang lebih lima jam.

Ketika sampai, Anda akan turun di Wakai. Dari Wakai, kembali menggunakan  speed boat ke Pulau Kadidiri. Dengan memakan waktu kurang lebih dua puluh lima menit.

Namun, perjalanan yang sedikit melelahkan tersebut akan terbayar, sebab Pulau Kadidiri menawarkan aneka keindahan. Dengan mata telanjang, Anda bisa menyaksikan taman laut Kadidiri. Hamparan terumbu karang terlihat dengan begitu jelas.

6. Pulau Malenge

objek wisata pulau malenge, togean, tojo una-una
Pulau Malange, Togean. Sumber gambar: togeantravel.com

Sebagai salah pulau yang ada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Pulau Malenge memiliki kelebihan tersendiri sebagai tempat wisata di Tojo Una-Una.

Pulau Malenge sebenarnya meliputi dua bagian pulau, yaitu Pulau Papan yang Pulau Kadoda. Kedua pulau ini dihubungkan jembatan kayu yang sangat panjang yaitu mencapai 1.800 meter.

Pulau yang terletak di Desa Malenge, Kecamatan Walea Kepulauan, Tojo Una-Una ini juga punya keunggulan. Salah satu di antaranya adalah melakukan aktivitas snorkeling dan diving.

7. Pulau Papan

tempat wisata di tojo una-una pulau papan togean
Pulau Papan, Togean. Sumber gambar: IG @zulnain846

Salah satu tempat wisata di Tojo Una-Una yang terdapat di Taman Nasional Kepulauan Togean adalah Pulau Papan.

Pulau Papan tak kalah menarik dari Pulau Lingayan di Tolitoli . Namun, salah satu kelebihan Pulau ini adalah rumah yang dibangun di atas air. Di Pulau Papan Anda bisa melakukan aktivitas surfing.

Seperti pada pulau lainnya, untuk dapat ke tempat ini menggunakan speed boat atau katinting. Di Pulau Papan juga tersedia tempat ibadah.

8. Pulau Enam

objek wisata pulau enam, togean
Pemandangan Desa. Sumber gambar: Bobby.mardani

Pulau Enam terletak di Desa Lebiti, Kecamatan Togean, Tojo Una-Una. Seperti pada pulau-pulau lainnya, untuk dapat ke tempat ini menggunakan speed boat atau perahu katinting.

Apa keunggulan dari Pulau Enam ini? Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah terdapat banyak spot yang unik.

Salah satunya adalah pada kedalaman 16-21 meter, Anda bisa menemukan pesawat—salah satu dari 307 skuadron bom Amerika, yang jatuh di laut pada 3 Mei 1945 ketika kembali dari misi mereka di Morotai.

9. Pulau Taupan

tempat wisata togean, pulau taupan
Pulau Taupan, Togean. Sumber gambar: Bobby.mardani

Pulau Taupan terletak di Desa Katupat, Kecamatan Togean, Tojo Una-Una. Dapat dicapai dengan menggunakan speed boat atau perahu katinting.

Di tempat ini terdapat Danau Mariona juga merupakan habitat ubur-ubur yang dijadikan tujuan wisata oleh banyak orang untuk melihat ubur-ubur tanpa sengat.

Tempat wisata di Tojo Una-Una yang satu ini, Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling.

10. Air Panas Marowo

Apabila Anda ingin menikmati air panas dan air dingin yang alami, sudah tepat mengunjungi Air Panas Marowo.

Air Panas Marowo berlokasi di Desa Marowo, Kecamatan Ulubongka, Tojo Una-Una, dengan jarak tempuh kurang lebih 22 kilometer dari pusat ibu kota.

Tempat wisata di Tojo Una-Una yang satu ini juga menyediakan fasilitas berupa toilet umum hingga ruang ganti.  

11. Permandian Alam Malotong

objek wisata permandian malotong
Permandian Malotong, Tojo Una-Una. Sumber gambar: Youtube kabar maleo

Objek wisata di Tojo Una-Una terdapat Permandian Alam Malotong. Tempat wisata ini terletak di Desa Malotong, Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una.  

Dari Ibu Kota Kabupaten, hanya berjarak kurang lebih 8 kilometer. Anda dapat menggunakan transportasi darat roda dua atau roda empat.

Salah satu keunggulan tempat wisata satu ini adalah memiliki air yang jernih. Di samping itu, Anda bisa menikmati kesegaran di Permandian Malotong, karena pohon yang asri.

Di Permandian Alam Malotong terdapat fasilitas berupa  ruang ganti, toilet umum, hingga plaza kuliner.

12. Tanjung Api

Salah satu tempat wisata di Tojo Una-una yang dapat dikunjungi adalah Tanjung Api. Wisata Tanjung Api terletak di Desa Labuan, Kecamatan Ratolindo.

Dari desa, jarak ke Tanjung Api kurang lebih 12 kilometer. Dengan berjalan kaki melalui jalanan setapak, menghabiskan waktu kurang lebih satu setengah jam.

Apa keunggulan objek wisata satu ini? Salah satunya adalah gas alam yang keluar secara alami di sepanjang Tanjung Api.

Penutup

Seperti pula tempat wisata di Banggai Kepulauan , yang terdapat banyak pulau. Tempat wisata di Tojo Una-Una pun demikian. Dan, memang, yang paling populer adalah Kepulauan Togean, sebab terdapat banyak anak-anak pulau yang juga dapat dikunjungi para wisatawan.

Jadi, sudah tahu kan tempat wisata di Tojo Una-Una? Sudah siap mengunjungi pulau-pulau tersebut?

Demikian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

top
%d blogger menyukai ini: